Find Us On Social Media :

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Ini 17 Quotes Inspiratif tentang Pemuda dari Para Pahlawan Nasional

By Andriana Oky, Sabtu, 28 Oktober 2023 | 11:45 WIB

Foto memperlihatkan suasana Kongres Pemuda II di Batavia pada 1928

GridPop.ID - Pada hari Sabtu (28/10/2023) bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.

Ikrar Sumpah Pemuda merupakan hasil putusan Kongres Pemuda II yang digelar di Jakarta (dulu Batavia) pada 27-28 Oktober 1928.

Untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda berikut ada kumpulan quotes inspiratif dari para pahlawan nasional dari Bung Karno hingga Tan Malaka tentang pemuda, dilansir dari Tribun Jateng.

1. "Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

2. "Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya."

3. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia."

4. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

5. "Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!"

6. "Dan tidak ada gunanya bagiku melepaskan beban dari dalam hatiku, kepada setiap pemuda yang datang kemari,aku telah mengorbankan untuk tanah ini"

7. "Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda." - Tan Malaka

8. "Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri." - Pramoedya Ananta Toer

9. "Bukankah tidak ada yang lebih suci bagi seorang pemuda daripada membela kepentingan bangsanya?" - Pramoedya Ananta Toer