Find Us On Social Media :

Bikin Adem, Ini 20 Quotes Bahasa Arab dan Artinya, Cocok Jadi Status di Media Sosial

By Andriana Oky, Minggu, 29 Oktober 2023 | 12:45 WIB

Ilustrasi (quotes) bahasa arab

GridPop.ID - Tak hanya Bahasa Inggris, quotes juga bisa kamu ambil dari Bahasa Arab.

20 kumpulan quotes Bahasa Arab berikut ini cocok jadi status di media sosial.

Melansir Tribun Pontianak berikut, kumpulan kata-kata bijak dalam bahasa Arab memiliki makna yang dalam.

1. “Al hayyatu ka al tsalji. Istamti’ bihaa qobla an tadzuuba.” Artinya: Hidup itu seperti halnya es nikmatilah dengan baik sebelum ia mencair.2. “Man jadda wajada.” Artinya: Barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan kesuksesan.3. “If’al maa yus’iduka, fa al ayyaamu lan ta’uudu.” Artinya: Lakukanlah hal yang membuatmu bahagia karena hari- hari lalu tak akan pernah kembali.4. “Idza tammal Aqlu qollal kala.” Artinya: Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya.5. “Al waqtu kaa assaifi fa in lam taqto’hu qotho’aka.” Artinya: Waktu itu seperti pedang. Jika kau tidak memotongnya maka Ia akan memotongmu.

6. “Aduwwun ‘aaqilun khoirun min shodiiqin jaahilin.” Artinya: Musuh yang pandai, lebih baik daripada teman yang bodoh.7. “Al aqlus salim fiel jismis salim.” Artinya: Akal yang sehat itu terletak pada badan yang sehat.8. “Fihi ma Fihi.” Artinya: Inilah apa yang sesungguhnya.9. “Man lam yadzuq dzulla at ta’alumu saa’atan. Tajarro’a dzulla al jahli thula hayaatihi.” Artinya: Barangsiapa belum merasakan susahnya menuntut ilmu barang sejenak. Ia akan merasakan hinanya kebodohan seumur hidupnya.10. “Man katsuro ihsaanuhu katsuro ikhwaanuhu.” Artinya: Barangsiapa banyak berbuat kebaikan, maka ia akan memiliki banyak teman.

Baca Juga: Memotivasi dan Menginspirasi Penggemar, Berkut Ini 5 Quotes Jay ENHYPEN yang Wajib ENGENE Tahu

11. “Wa akhbaronii bi anna al ‘ilma nuurun. Wa nuuru Allahi laa yuhdaa li’aashii.” Artinya: Beliau memberitahuku bahwasanya ilmu itu adalah cahaya. Dan cahaya Allah itu tidaklah diberi kepada orang yang melakukan maksiat.12. “Laula al ‘ilmu lakaana an naasu kaa al bahaaimi.” Artinya: Seandainya tiada berilmu niscaya manusia itu seperti binatang.13. “As shobru yu’ienu a’la kulli amalin.” Artinya: Kesabaran itu akan menolong segala pekerjaan.14. “Na’rifu qiimata al milhi ‘indamaa nafqoduhu, wa qiimatu al abi ‘indamaa yamuutu.” Artinya: Kita akan tahu betapa nerharganya garam ketika ia sulit didapatkan, begitu kita akan tahu betapa berharganya seorang ayah ketika ia telah tiada.15. “Al hibbatu laa yamuutuuna abadan wa in dufinuu.” Artinya: Orang tercinta selamanya tidak mati, meskipun ia telah dikubur

16. “Qolbie laa yaro illaa habieban lahu.” Artinya: Hati ini tidak akan melirik selain pada kekasihnya.17. “Al ummu, hiya al insaanatu al wahiidatu allatii qod tansaa an tad’uu linafsihaa fii sholaatihaa liannahaa takuunu masyguulatan bi ad du’aa i li abnaaihaa.” Artinya: Ibu adalah seorang manusia satu- satunya yang telah lupa mendoakan untuk dirinya sendiri dalam shalatnya, karena ia begitu sibuk mendo’akan anak- anaknya.18. “Ashlih nafsaka yashluh laka an naasu.” Artinya: Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang lain akan baik padamu.19. “Ijhad walaa taksal wa laa takun ghoofilan fa nadaamatu al ‘uqbaa liman yatakaasal.” Artinya: Bersungguh- sungguhlah dan jangan bermalas- malasan dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu bagi orang yang bermalas- malasan.20. “Akhofu alaika min ayyi huznin yasriku ibtisamataka.” Artinya: Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu.

Cara Menulis Status WhatsApp dengan Huruf Arab

Melansir Kompas.com yang mengutip laman WhatsApp, aplikasi WhatsApp tersedia dalam 40 bahasa di iPhone dan hingga 60 bahasa di Android.

Untuk ponsel Android cara ubah bahasa ponsel sebagai berikut:

Baca Juga: Selamat Hari Sumpah Pemuda, Ini 17 Quotes Inspiratif tentang Pemuda dari Para Pahlawan Nasional