Find Us On Social Media :

Tak Cuma Satu, Ternyata Vagina Punya 9 Macam Bentuk yang Berbeda

By Andriana Oky, Selasa, 14 November 2023 | 17:15 WIB

Ilustrasi miss V

GridPop.ID - Setiap orang memiliki anatomi tubuh yang berbeda.

Khusus pada wanita perbedaan tersebut bisa berdampak pada bentuk vaginanya.

Setiap wanita memiliki bentuk vagina yang berbeda, baik dari ukuran, warna, kondisi rambut kemaluan, dan aroma organ intimnya tersebut.

Dikutip dari Healthline via Kompas.com, ada sekitar sembilan bentuk vagina yang umum yaitu:

Wanita yang melihat adanya lipatan tambahan di alat kemaluannya mungkin memiliki bentuk vagina dengan labia minora yang panjang dan menjuntai.

Karena ukurannya yang panjang, bahkan hingga satu inci, labia minora biasanya melewati bibir luar (labia majora).

Ini adalah kondisi saat bibir luar vagina lebih panjang dan menjuntai ke bawah. Hal ini sering kali membuat kulit vagina tipis dan kendur.

Bentuk vagina asimetris ditandai dengan salah satu sisi bibir vagina (labia) tampak panjang, tebal, atau lebih besar dari sisi lainnya.

Baca Juga: Berkisar dari Merah Muda hingga Cokelat Tua, Warna Vagina Hitam Apakah Normal?

Bentuk vagina ini ditandai dengan bibir bagian dalam lebih panjang dan menonjol dibanding labia luar. Kondisi ini membuat bibir dalam vagina keluar sedikit melewati bibir luar.

Vagina dengan bibir luar melengkung tampak seperti tapal kuda terbalik yang kedua ujungnya bertemu. Bentuk vagina bibir luar melengkung memungkinkan bibir bagian dalam akan nampak.

Bibir vagina luar atau labia majora yang menonjol membuat bentuk vagina tampak lebih tebal dan bengkak. Namun, kulit vagina tampak tipis dan agak kendur.

Ini merupakan bentuk vagina dengan bibir luar atau labia majora yang rata dan menempel pada dinding kemaluan, serta memperlihatkan sedikit labia minora.