Find Us On Social Media :

6 Hal Penting yang Perlu Dipahami Pasutri Sebelum Melakukan Hubungan Intim dengan Alat KB IUD

By Helna Estalansa, Senin, 20 November 2023 | 15:45 WIB

(Ilustrasi) Enam Kekhawatiran Istri Jika Berhubungan Intim dengan Alat KB IUD

GridPop.ID - Alat kontrasepsi IUD yang berupa plastik berbentuk T seukuran uang logam dan ditempatkan di dalam rahim ini bertujuan untuk mencegah kehamilan.

Jenis kontrasepsi ini banyak digunakan oleh perempuan karena selain kenyamanan penggunaannya, juga efektivitasnya yang relatif tinggi dalam mengontrol kehamilan.

Berdasarkan data CDC, pada tahun 2015, setidaknya 4,4 juta perempuan memilih IUD sebagai metode kontrasepsi mereka.

Meskipun banyak perempuan memilih IUD karena efektivitasnya, kekhawatiran mengenai pengaruhnya terhadap kehidupan seksual sering kali muncul.

Menurut penjelasan dari Jaime Knopman, MD, seorang ahli fertilitas dari Colorado Center for Reproductive Medicine, saat berhubungan seks, IUD seharusnya terasa tidak ada.

Walaupun begitu, mengutip dari Tribun-Bali.com, terdapat enam hal penting yang perlu dipahami saat melakukan hubungan intim menggunakan IUD.

1. Mungkin Tidak akan Mempengaruhi Gairah Seks

Terdapat dua jenis IUD, yaitu hormonal dan non-hormonal.

Keduanya kemungkinan tidak akan memiliki dampak signifikan pada gairah seksual, sesuai penjelasan dari Knopman.

Pada sebuah penelitian tahun 2012, 400 perempuan menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang mencolok dalam pengalaman berhubungan intim sebelum dan setelah menggunakan IUD.

Hormonal IUD, selain mengurangi perdarahan menstruasi, juga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan siklus menstruasi.

Baca Juga: Rugi kalau Dilewatkan, Ini 8 Manfaat Rutin Berhubungan Intim dengan Pasangan