Find Us On Social Media :

28 Quotes Inspiratif untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 'Pemuda Adalah Pilar Kebangkitan'

By Helna Estalansa, Kamis, 28 Desember 2023 | 07:15 WIB

Quotes tentang Sumpah Pemuda

GridPop.ID - Hari Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah yang tak terlupakan dalam perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Ya, setiap tanggal 28 Oktober, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Melansir dari situs Museum Sumpah Pemuda via Kompas.com, sejarah sumpah pemuda bermula dari pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua pada 27-28 Oktober 1928.

Acara tersebut dihadiri oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang anggotanya berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Kongres Pemuda diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan yang telah tumbuh di kalangan pemuda.

Hasil dari kongres ini menghasilkan ikrar sumpah pemuda, dengan tujuan agar pemuda Indonesia senantiasa mencintai tanah airnya, menjaga dan merawat persatuan sebagai sebuah bangsa, serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda umumnya dihormati melalui upacara di berbagai institusi pendidikan dan lembaga pemerintahan.

Selama upacara, teks sumpah pemuda dibacakan sebagai bagian dari perayaan ini.

Nah, untuk memperingati momen bersejarah ini, berikut adalah 28 quotes yang menggambarkan semangat patriotisme dan kebangsaan.

Semoga bisa menginspirasi kita semua untuk terus berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

1. "Sumpah Pemuda adalah janji yang tetap hidup dalam setiap detak jantung bangsa ini."

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif dalam Rangka Memperingati Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional