Find Us On Social Media :

Viral di TikTok, Ini Arti Kata Hilirisasi Digital yang Jadi Bagian dari Program Cawapres Gibran Rakabuming

By Andriana Oky, Selasa, 2 Januari 2024 | 12:15 WIB

Ilustrasi debat Cawapres

GridPop.ID - Viral di TikTok kata Hilirisasi digital.

Kata hilirisasi digital mulai ramai di media sosial usai diucapkan cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Solo itu mengungkapkan kata hilirisasi digital dalam program sekaligus visi misinya jika terpilih dalam Pilpres 2024.

"Hilirisasi digital akan kami genjot. Kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, anak-anak muda yang ahli block chain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli crypto," papar Gibran dalam debat Cawapres beberapa waktu lalu.

Lalu apa arti kata hilirisasi digital ini?

Melansir dari Tribun Jatim, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), hilirisasi atau yang artinya penghiliran adalah proses atau cara atau perbuatan untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai.

Sementara kata digital berhubungan dengan angka-angka untuk menunjukkan informasi atau sistem perhitungan tertentu yang berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet.

Seperti dilansir situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), diketahui bahwa pemerintah Indonesia saat ini tengah berupaya mendorong hilirisasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital.

Hal ini dilakukan dalam rangka menghadapi kondisi digitalisasi global.

Adapun upaya hilirisasi sendiri juga dapat berkaitan dengan berbagai sektor, mulai dari ekonomi, infrastruktur, pertanian, perikanan, pertambangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jangan Asal Jeplak! Ternyata Ini Arti Kata Dobby yang Viral di TikTok karena Member JKT 48 dan TikToker Pita

Dengan demikian arti kata hilirisasi digital adalah upaya untuk mengoptimalkan teknologi digital di berbagai sektor.