Find Us On Social Media :

Viral di TikTok, Apa Arti Kata GDF 15? Benarkah Jenis Horman yang Buat Ibu Hamil Mual di Pagi Hari?

By Helna Estalansa, Jumat, 19 Januari 2024 | 09:15 WIB

Ilustrasi ibu hamil

GridPop.ID - Istilah viral di TikTok yang akan kita bahas kali ini adalah kata GDF 15.

Apakah kamu pernah mendengar istilah GDF 15?

Mungkin bagi ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan istilah viral di TikTok ini ya.

Sebagaimana mengutip dari TribunSorong.com, morning sickness sering kali dikaitkan dengan kondisi mual di pagi hari yang dialami oleh ibu hamil, yang disebabkan oleh hormon tertentu, yakni GDF 15.

Morning sickness merupakan topik yang sering dibahas dalam kaitannya dengan kehamilan, dimana sebanyak 70-80 persen ibu hamil mengalami gejala ini.

Penelitian terbaru yang dilakukan pada tahun 2020 dan dikutip oleh forbes.com dalam jurnal Nature, mengungkapkan bahwa morning sickness dipengaruhi oleh hormon yang berasal dari plasenta ibu hamil, yaitu Growth and Differentiation Factor 15 (GDF 15).

Hormon ini merupakan protein yang dihasilkan oleh manusia dan mengirimkan sinyal ke otak, mempengaruhi nafsu makan dan menimbulkan rasa mual.

Jumlah GDF 15 dalam tubuh ibu hamil cenderung meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan, yang kemudian menjadi pemicu peningkatan rasa mual di pagi hari.

Tingkat kepekaan terhadap perubahan hormon ini juga berpengaruh pada seberapa parahnya gejala morning sickness yang dialami.

Faktor-faktor lain seperti usia, kebiasaan merokok, tingkat aktivitas fisik, atau riwayat kanker dapat membuat ibu hamil lebih rentan terhadap peningkatan kadar GDF 15.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Cambridge sedang mencoba solusi untuk mengatasi masalah morning sickness ini dengan menggunakan metformin, sejenis obat untuk mengendalikan kadar gula darah, yang diberikan sebelum kehamilan.

Baca Juga: Viral di TikTok Detik-detik Tamu Tempat Penginapan Temukan Bak Ruang Bawah Tanah di Kamarnya, Terdapat Rantai hingga Karung!