Find Us On Social Media :

Istilah Open PO Menjadi Viral di TikTok, Kerap Digunakan di Berbagai Medsos, Ini Artinya

By Luvy Octaviani, Sabtu, 27 Januari 2024 | 20:13 WIB

Ilustrasi aplikasi TikTok di ponsel.

GridPop.ID - Tiktok menjadi salah satu media sosial populer untuk saat ini.

Karena banyaknya penggunna, istilah-istilah baru yang mungkin masih banyak yang belum mengetahui arti dan maknanya pun bermunculan.

Salah satnunnya adalah istilah 'open PO' yang baru-baru ini viral di TikTok.

Lalu apa artinya?

"Open PO" merupakan singkatan dari "Open Pre-Order."

Pre-Order adalah sistem pemesanan di mana pelanggan dapat memesan produk sebelum produk tersebut benar-benar tersedia atau diproduksi.

Open PO mengindikasikan bahwa periode pemesanan untuk produk tersebut sedang dibuka, dan pelanggan dapat melakukan pemesanan untuk mendapatkan produk tersebut di masa depan setelah diproduksi atau tiba dalam stok.

Ini umumnya digunakan dalam industri e-commerce atau penjualan produk terbatas untuk memungkinkan produsen atau penjual mengukur minat konsumen dan mempersiapkan produksi atau stok dengan lebih baik.

Melansir dari laman tribuntrends.com, contoh open PO adalah sebagai berikut.

Misalnya, seorang pengusaha risoles memberitahukan bahwa Dia Open PO risoles.

Artinya, risoles yang dipesan akan selesai keesokan harinya atau sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca Juga: Semangatnya Patut Diacungi Jempol! Siswi SD Sekolah dengan Sepatu Jebol: Meski Kekurangan, Tak Kurang Semangat Raih Masa Depan

arti kata Open PO bukan berarti barang yang kita inginkan bisa diambil hari itu juga.

Melainkan, cara ini digunakan pengusaha untuk melihat perkembangan pasar.

Juga, meminimalisir kerugian.

Open PO kerap digunakan bagi pengusaha barang pemula.

Keuntungan dari Open PO

Ada sejumlah keuntungan dari melakukan Open PO, berikut ini di antaranya: 1. Antisipasi Permintaan Pasar

Dengan menerapkan open PO, produsen dapat mengukur minat dan permintaan pasar sebelum mereka benar-benar memproduksi barang tersebut. Hal ini dapat mengurangi risiko overproduksi atau kekurangan persediaan. 2. Menciptakan Keterlibatan Konsumen

Open PO dapat menciptakan rasa keterlibatan yang tinggi di antara konsumen. Mereka merasa eksklusif karena bisa mendapatkan barang terlebih dahulu sebelum tersedia bagi publik umum. 3. Strategi Pemasaran

Baca Juga: Dihujat karena Jadi Pegawai Minimarket Saat Temannya Jadi Abdi Negara, Curhat Pria Ini Viral di TikTok, Semangat Kejar Cita-cita

Konsep Open PO seringkali digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran. Membuat produk tersedia secara terbatas dapat meningkatkan antusiasme konsumen dan mendorong mereka untuk segera melakukan pembelian. Pendekatan Open PO telah terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan penjualan produk, terutama di sektor fashion dan industri hiburan. GridPop.ID (*)