Find Us On Social Media :

22 Quotes Inspiratif untuk Memperingati Hari Pramuka Sedunia, 'Pramuka Adalah Sekolah Kehidupan'

By Helna Estalansa, Kamis, 22 Februari 2024 | 08:15 WIB

Ilustrasi pramuka

GridPop.ID - Setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Kepanduan Sedunia atau yang dikenal dengan Hari Pramuka Sedunia.

Hari ini memang menjadi peringatan global untuk menghormati kontribusi dan keberhasilan pramuka dalam organisasi kepanduan di seluruh dunia.

Selain itu, hari ini juga sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh para Pramuka di seluruh dunia, untuk merayakan nilai-nilai kepramukaan, semangat persaudaraan, dan dedikasi dalam melayani masyarakat.

Melansir dari Kompas.com, menurut situs resmi Pramuka, konsep kepanduan global dimulai dari pemikiran seorang pemuda Inggris bernama Lord Baden Powell of Gilwell, yang merangkum pengalamannya saat bertugas di Afrika dan India.

Baden Powell lahir pada 22 Februari 1857 di London, putra dari seorang Profesor Geometry di Universitas Oxfort bernama Domine Baden Powell yang meninggal saat ia masih kecil.

Baden Powell memiliki beragam pengalaman dalam organisasi kepanduan, termasuk bergabung dengan pasukan Hussars ke-13 di India pada 1876, dan kemudian bertugas di India, Afganistan, Zulu, dan Ashanti antara tahun 1888 dan 1895.

Pengalamannya ini dituangkan dalam bukunya yang terkenal berjudul "AIDS TO SCOUTING", yang berisi panduan tentang cara menjelajahi hutan dan bertahan hidup di alam liar dengan kecakapan yang diperoleh dari alam dan tokoh masyarakat yang ditemuinya.

Buku ini dianggap sebagai awal dari gerakan kepanduan, yang kemudian dikenal sebagai pramuka.

Nah untuk memperingati hari spesial ini, berikut 22 quotes inspiratif yang dapat menjadi motivasi dan semangat untuk para Pramuka dalam memperingati Hari Pramuka Sedunia:

1. "Kita harus selalu siap, dengan semangat tinggi, membela kebenaran dan keadilan." - Soekarno

2. "Pramuka adalah sekolah kehidupan, tempat kita belajar untuk menjadi lebih baik setiap hari." - Robert Baden-Powell

3. "Satu Pramuka adalah satu penghormatan bagi negara dan bangsa." - Ir. H. Juanda Kartawidjaja