Find Us On Social Media :

15 Quotes Islami Tentang Rumah Tangga, Bisa Jadi Inspirasi bagi Pasangan Muslim!

By Helna Estalansa, Jumat, 8 Maret 2024 | 19:45 WIB

Quotes islami tentang rumah tangga

GridPop.ID - Rumah tangga dalam Islam adalah pondasi utama untuk membangun masyarakat yang kuat dan harmonis.

Dalam Al-Quran dan Hadis, terdapat banyak petuah dan nasehat yang mengarahkan umat Islam untuk menjaga keutuhan, kasih sayang, dan kerukunan dalam rumah tangga.

Berikut adalah beberapa quotes Islami yang menginspirasi pasangan muslim tentang rumah tangga:

1. "Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (Q.S. Ar-Rum: 21)

2. "Sesungguhnya para malaikat senantiasa turun kepada orang yang sedang berjamaah shalat di masjid untuk mengikuti shalatnya, lalu berpegangan pada punggungnya. Ketika orang itu beristirahat dalam shalatnya, para malaikat mengucapkan, ‘Wahai Allah, berilah ampunan kepada dia, wahai Allah, berilah rahmat kepadanya.’" (Hadis Riwayat Muslim)

3. "Janganlah engkau menjadikan kebencian terhadap seorang istri karena sesuatu yang engkau benci darinya. Tetapi jika engkau membenci sesuatu dari padanya, maka ada banyak kebaikan yang Allah letakkan padanya." (Hadis Riwayat Muslim)

4. "Kemuliaan seorang wanita adalah taat kepada Allah dan setia kepada suaminya." (Umar bin Khattab)

5. "Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuh. Jika ia rusak, maka rusaklah seluruh tubuh. Ia adalah hati." (Hadis Riwayat Bukhari-Muslim)

6. "Ketika seorang suami menatap mata istrinya dengan penuh cinta, Allah melihatnya dengan penuh rahmat." (Umar bin Khattab)

7. "Sesungguhnya rumah yang paling baik di antara rumah-rumah orang-orang Muslim adalah rumah yang di dalamnya terdapat seorang yang yatim yang diberi perlakuan baik dan penuh kasih sayang." (Hadis Riwayat Tirmidzi)

8. "Percayalah, kesabaran dalam rumah tangga akan membawa banyak keberkahan." (Ali bin Abi Thalib)

Baca Juga: 20 Quotes Bijak Tentang Kaum Hawa, Cocok Jadi Ucapan Hari Perempuan Internasional