Find Us On Social Media :

Viral Pria Penjual Gorengan Ternyata Sandang Gelar Mentereng, Baru Lulus S3 di Universitas Ternama, Ini Sosoknya

By Luvy Octaviani, Selasa, 19 Maret 2024 | 08:14 WIB

Daryaman (40), penjual gorengan yang sandang gelar S3

GridPop.ID - Pria berusia 40 tahun bernama Daryaman sehari-hari diketahui berjualan gorengan.

Namun siapa sangka Daryaman ternyata memiliki gelar mentereng meskipun profesinya sebagai penjual gorengan.

Melansir dari laman tribunnews.com, Daryaman sebelumnya menempuh pendidikan S1 dan S2 di Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis yang saat ini diketahui merupakan seorang dosen Ilmu Kewiraushaan.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 dan S2, Daryaman bercita-cita untuk melanjutkan pendidikannya ke S3.

Gelar Doktor atau S3 ini baru dia raih awal Februari 2024 lalu setelah menempuh pendidikan S3 Ilmu Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Berkat ketekunan yang ia miliki, Daryaman kembali menyisihkan uang Rp 30.000 dari berjualan gorengan, sehingga pada 2020 ia memutuskan untuk mendaftar masuk program S3 di UINBandung

"Pada waktu itu atas dorongan dari pengasuh dan rektor UID Ciamis untuk memperkuat SDM di UID, akhirnya saya direstui untuk melanjutkan program S3 saya. Alhamdulillah, pada 6 Februari 2024, saya telah melakukan sidang terbuka dan meraih gelar doktor dari UIN Bandung dengan biaya mandiri," ujarnya.

Gorengan yang dijual Daryaman dengan harga Rp 500 per satuannya itu bisa meraup omzet Rp 5.000.000 hingga Rp 10 juta per bulannya.

Bahkan menurutnya, pada malam takbiran, Daryaman bisa menghabiskan 20 kilogram adonan dari biasanya yang hanya 10 kilogram.

Baca Juga: Kurangi Makan Gorengan dan Minuman Manis, Prilly Latuconsina: Biar tetap Terlihat 18 Tahun

Di tengah kesibukannya menjadi seorang dosen, Daryaman mengaku akan tetap berjualan gorengan meski harus mengorbankan waktu istirahatnya.

"Paling saya tidur dalam sehari itu paling lama empat jam, karena harus membagi waktu antara mengajar, peran sebagai ayah dan kepala keluarga, juga mencari nafkah dengan jualan gorengan, tidak apa-apa disyukuri saja," tandasnya sambil tersenyum.