Find Us On Social Media :

Kedok Suami Sandra Dewi dalam Korupsi Timah Terungkap, Bertugas Lakukan Ini Agar Kejahatannya Lancar

By Luvy Octaviani, Kamis, 28 Maret 2024 | 13:43 WIB

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis menjadi tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

GridPop.ID - Publik dikejutkan dengan kabar ditangkapnya Harvey Moeis dalam kasus korupsi Timah.

Terbaru, terungkap kedok serta peran Harvey Moeis agar kejahatanya lancar dilakukan.

Seperti yang ramai diberitakan, suami Sandra Dewi kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah.

Harvey Moeis menjadi tersangka ke-16 dalam kasus korupsi yang sudah melibatkan banyak pihak ini.

Melansir dari laman tribuntrends.com, dalam perkara ini, Harvey Moeis berperan sebagai perpanjangan tangan PT Refined Bangka Tin (RBT) diduga berperan mengkoordinir sejumlah perusahaan terkait penambangan timah liar di Bangka Belitung.

Perusahaan itu ialah PT SIP, CV VIP, PT SBS, dan PT TIN.

Penambangan liar itu dilakukan dengan kedok kegiatan sewa-menyewa peralatan dan processing peleburan timah.

"Kegiatan akomodir pertambangan liar tersebut akhirnya dicover dengan kegiatan sewa-menyewa peralatan dan processing peleburan timah yang selanjutnya tersangka HM ini menghubungi beberapa smelter, yaitu PT SIP, SV VIP, PT SBS, dan PT TIN untuk dipercepat dalam kegiatan dimaksud," ujar Dirdik Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi dalam konferensi pers, Rabu (27/3/2024).

Namun, sebelum itu dilakukan, Harvey terlebih dulu berkoordinasi dengan petinggi perusahaan negara, PT Timah sebagai pemilik ijin usaha pertambangan (IUP).

Petinggi yang dimaksud ialah M Riza Pahlevi Tabrani (MRPT) selaku mantan Direktur Utama PT Timah yang sebelumya sudah ditetapkan tersangka.

"Sekira tahun 2018 dan 2019, saudara tersangka HM ini menghubungi Direktur Utama PT Timah, saudara MRPT atau saudara RS alias MS dalam rangka untuk mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah," kata Kuntadi.

Baca Juga: Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Sandra Dewi Sesumbar Ogah Pamer Harta Suami: Mempermalukan Diri Sendiri