Find Us On Social Media :

Lirik Sholawat Al Fatih dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia

By Andriana Oky, Jumat, 5 April 2024 | 04:14 WIB

Ilustrasi Sholawat

GridPop.ID - Sholawat Al-Fatih merupakan doa khusus shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang mempunyai makna mendalam dalam tradisi Islam.

Dikenal juga dengan sebutan Salat Al-Fatih atau Salawat Al-Fatih.

Istilah “Al-Fatih” berarti “Pembuka” atau “Pembuka Jalan”, merujuk pada peran Nabi Muhammad SAW sebagai pembuka pintu rahmat dan keberkahan bagi umat manusia.

Bentuk salam khusus ini sangat dijunjung tinggi dalam banyak budaya Islam dan sering dibacakan dalam pertemuan, upacara, dan doa individu sebagai sarana untuk mencari berkah, pengampunan, dan syafaat melalui Nabi Muhammad.

Rumusan Sholawat Al-Fatih yang sebenarnya bisa sedikit berbeda tergantung perbedaan budaya dan daerah, namun secara umum mengandung puji-pujian dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

Ini dianggap sebagai permohonan yang kuat dengan manfaat spiritual baik bagi individu yang membacanya maupun masyarakat luas.

Berikut lirik sholawat Al Fatih:

Melansir laman Nahdlatul Ulama (NU), bacaan Sholawat Fatih yang asli yang disusun oleh Sayyid Ahmad at-Tijani dikutip dari kitab Syawâriqul Anwâr karya Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Sholawat Kun Ma Allah, Syair Religi Menyentuh Hati Punya Pesan Mendalam

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca 'shirātikal mustaqīm'). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Artinya,“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”