Find Us On Social Media :

Setara dengan Berpuasa selama Setahun, Ini Dia 10 Keutamaan Puasa Syawal

By Helna Estalansa, Selasa, 16 April 2024 | 06:15 WIB

Ilustrasi puasa

GridPop.ID - Saat ini umat Islam telah memasuki bulan Syawal 1445 H.

Di bulan ini, biasanya umat muslim menjalankan ibadah Puasa Syawal.

Yang mana Puasa Syawal menjadi salah satu amalan sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam setelah selesai menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Melansir dari TribunKaltim.co, puasa ini bisa dimulai sejak tanggal 2 Syawal atau satu hari setelah Idul Fitri.

Namun, seringkali muncul pertanyaan seputar berapa hari puasa Syawal, keutamaan puasa Syawal, dan hal lainnya terkait puasa ini.

Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari berturut-turut setelah Idul Fitri.

Rasulullah saw telah menjelaskan dalam haditsnya bahwa orang yang berpuasa Ramadhan kemudian melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka akan memperoleh pahala senilai puasa sepanjang tahun.

Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun." (HR Muslim)

Batas akhir puasa Syawal adalah sampai habisnya bulan Syawal atau 30 Syawal.

Meskipun tidak berturut-turut juga tidak masalah, sesuai dengan hadis riwayat Muslim yang mengatakan bahwa berpuasa enam hari di bulan Syawal akan seperti berpuasa terus-menerus.

Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, “Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus-menerus.” (HR Muslim)

Baca Juga: Baru Lebaran Jumat Kemarin, Jemaah Aboge Tetapkan 1 Syawal dengan Cara Ini: Sesuai dengan Patokan Kalender...