GridPop.ID - Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu pihak yang paling terdampak dari pandemi Covid-19.
Perekonomian memburuk sehingga bisnis ikut lesu dan daya beli masyarakat pun anjlok sampai mengalami kerugian.
Akibatnya, banyak yang mengalami penurunan bisnis. Omzet penjualan terjun bebas.
Pelaku UMKM dipaksa harus pandai memutar otak demi bisa mempertahankan usahanya, khususnya secara daring.
Penyanyi sekaligus entrepreneur Andien Aisyah juga mengakui bahwa masa sekarang adalah waktu yang sulit untuk pelaku bisnis, termasuk UMKM.
Baca Juga: Sudah Cair, Cek Penerima BLT UMKM di EForm BRI Tahap 3 dengan Cara Ini, Jangan Sampai Telat!
Namun, menurutnya, keterbatasan itu seharusnya menjadi tantangan dalam menciptakan inovasi baru.
Nah, belum lama ini, Andien membagiakn tips yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemi.
Hal itu diungkapkan Andien dalam siaran live Instagram bertajuk Strategi Bertahan di Masa Pandemi yang dipandu desainer, Didiet Maulana, Mengutip Nova.ID dari Kompas.com.
Yuk, simak beberapa tips dari Andien ini.
1. Kuatkan storytelling
Andien mengatakan, saat memasarkan produknya ia menguatkan cerita atau prinsip storytelling.
Kemudian, cerita tersebut dibagikan ke berbagai platform supaya masyarakat semakin mengenal produknya.
2. Tingkatkan digital presence
Andien mengingatkan pentingnya menguatkan kehadiran brand secara digital di masa pandemi Covid-19 ini.
Hal itu perlu dilakukan karena demi terciptanya brand awareness dan masyarakat jadi semakin kenal dengan produk yang kita pasarkan.
Menurutnya, cara ini menjadi jalur terampuh untuk membuat pemasaran produk semakin efektif.
3. Adaptif
Meski mengalami penurunan bisnis, kita perlu bersikap adaptif.
Contohnya, kita bisa menciptakan produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar.
Namun, pastikan produk itu tetap berada di dalam koridor bisnis yang sesuai.
Diketahui, Andien kini memang mengelola brand UMKM milik kedua orangtuanya, Kudapan Haji Didik dan Bubuy Buyang.
Dua merek tersebut merupakan produk camilan dan juga frozen food.
"Brand tetap jualan, caranya dengan tetap otentik sembari melihat kebutuhan pasar," ucapnya.
Melansir dari Grid.ID, Andien Aisyah juga bekerja sama dengan fashion designer Mel Ahyar untuk meluncurkan brand pakaian yang diberi nama Happa.
Sebagai brand pakaian ready-to-wear, pakaian yang dikeluarkan Happa dibuat berdasarkan pesanan dan membutuhkan waktu pembuatan hingga 5 hari lamanya.
Karena dibuat spesial, pakaian dari Happa dibandrol dengan harga yang cukup mahal, mulai dari Rp 400 ribuan hingga Rp3 juta.
Happa dari Andien Aisyah dapat sobat Grid beli lewat website happaofficial.com ataue-commerceyang sudah disediakan.
GridPop.ID (*)
Source | : | Grid.ID,Nova.ID |
Penulis | : | Lina Sofia |
Editor | : | Andriana Oky |
Komentar