GridPop.ID - Pelanggan setia IndiHome kini tak perlu lagi khawatir.
Pasalnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan memberikan kompensasi untuk para pelangggan IndiHome yang terdampak gangguan karena adanya masalah sinyal.
Janji yang diberikan, Telkom Indonesia menyatakan akan memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome.
Vice President Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan, pada prinsipnya Telkom akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan IndiHome.
"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Kurniawan dalam keterangannya seperti dikutip Kompas.com pada Jumat (24/9/2021).
Kurniawan menambahkan, kenyamanan pelanggan IndiHome adalah prioritas utama.
Untuk itu, pihaknya terus memperbaiki layanan yang sempat terganggu tersebut.
"Tentunya Telkom pun tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan. Kami telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut JaSuKa serta memberikan win win solution bagi pelanggan," ungkap Kurniawan.
Telkom Indonesia sendiri akan memberikan beberapa jenis kompensasi dari kerugian pelanggan IndiHome, seperti penetapan tagihan hingga kebijakan bebas denda.
"Selain itu juga terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021," kata dia lagi.
Sementara itu, tak sedikit pula warganet yang bertanya mengenai kompensasi yang akan didapatkan pelanggan Indihome akibat terganggunya layanan internet kali ini.
Dari banyaknya keluhan dan pertanyaan yang disampaikan warganet, akun @indihomecare sempat memberikan sejumlah tanggapan.
Salah satu tanggapan tersebut yakni dengan membalas cuitan akun @lavendrbangtan.
Akun resmi @indihomecare menyampaikan permintaan maaf sekaligus memberikan penjelasan terkait kompensasi dari Indihome gangguan.
“Hai, Sobat. Maaf atas ketidaknyamannnya. Namun saat ini pemeliharaan jaringannya sudah selesai dilakukan, silakan dicoba kembali koneksi jaringannya," tulis @indihomecare dalam cuitannya.
"Lalu untuk kompensasi akan diberikan apabila pemeliharaan jaringan terjadi lebih dari 3x24 Jam,” sambungnya.
Adapun pihak PT Telkom Indonesia sebelumnya menyampaikan, gangguan sinyal IndiHome dan Telkomsel terjadi pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.
"Seluruh layanan TelkomGroup mulai berangsur normal pasca gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak," tulis akun Instagram @telkomindonesia, Senin (20/9/2021).
Penyebab gangguan sinyal tersebut menurut Telkom Indonesia berada di lepas pantai Batam.
"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut."
"Kami fokus melakukan perbaikan agar dapat mempercepat pemulihan infrastruktur jaringan telekomunikasi."
"Telkom terus berkomitmen untuk menyediakan akses konektivitas terbaik untuk Sobat semua, di seluruh wilayah Indonesia," jelas Telkom Indonesia.
Hal itu membuktikan, video hiu menggigit kabel yang disebut penyebab sinyal IndiHome dan Telkomsel down dipastikan hoax.
Melansir Tribuntechno, IndiHome dan Telkomsel sempat menjadi trending topic Twitter hingga Senin, (20/9/2021) siang.
Setidaknya ada lebih dari 200 laporan oleh para pengguna Indihome.
Lokasi yang paling banyak mengalami laporan gangguan yaitu Jakarta, Bekasi Malang, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Bandung dan Kediri.
GridPop.ID (*)
Source | : | Kompas.com,Tribun Techno |
Penulis | : | Lina Sofia |
Editor | : | Andriana Oky |
Komentar