GridPop.ID - Tips hidup berikut ini bisa kalian praktekkan saat masih menganggur dan belum mendapat pekerjaan.
Tips hidup hemat ini bisa kalian terapkan untuk mengatur keuangan sembari mencari pekerjaan.
Nah, berikut ini tips hidup hemat atur uang saat menganggur.
Kondisi menganggur memang akan memengaruhi keuangan pribadi, apalagi jika kamu tidak memiliki dana darurat atau tabungan, kamu harus lebih ekstra mengatur uang.
Agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentu kamu harus lebih bijak dalam mengatur uang tersebut.
Menerapkan tips hemat bisa membantumu agar kalian tetap bisa bertahan hidup sampai dapat pekerjaan baru.
Dikutip dari parapuan.co, berikut ini berbagai cara mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan selama proses mencari pekerjaan.
1. Buat Daftar Pengeluaran Prioritas
Jika kalian tidak memiliki pemasukan, dana darurat, dan tabungan untuk dana cadangan, maka kamu harus lebih bijak dalam membelanjakan uang.
Membuat prioritas pengeluaran merupakan tips cermat yang bisa dilakukan dengan cara mengutamakan kewajiban, seperti makan dan minum, membayar cicilan dan utang, dan lainnya.
Alokasikan 50 persen uang yang kamu miliki untuk pengeluaran tersebut, barulah alokasikan sisanya untuk ditabung.
2. Menghemat Biaya Makan
Tips hemat selanjutnya adalah untuk menghemat anggaran makan, yakni dengan mengurangi atau menurunkan kualitasnya.
Sebagai contoh, jika kamu terbiasa makan sebanyak tiga kali sehari, kamu bisa menguranginya menjadi dua kali sehari.
Kalian juga perlu lebih selektif dalam membeli bahan makan. Carilah harga yang lebih murah, namun tetap pastikan rasanya sama.
3. Lupakan Keinginan Tidak Penting
Keinginan merupakan kebutuhan yang masih bisa ditunda, sehingga saat menganggur, jangan egois untuk menuruti semua keinginan.
Lupakan dulu keinginan untuk membeli baju baru, makan di kafe, ataupun jajan kopi kekinian yang hanya menghambur-hamburkan uang.
4. Hindari Belanja Pakai Kartu Kredit
Menghindari kartu kredit merupakan tips cermat lainnya yang bisa kamu coba, bahkan saat kondisi mendesak sekalipun.
Ini merupakan tips hemat yang perlu diingat oleh setiap jobseeker, sebab jika kamu tidak bisa membayar tagihan, maka bunganya akan terus bergulung.
5. Bekerja Paruh Waktu
Tanpa adanya pemasukan sama sekali, lama-lama uangmu pasti akan habis karena pengeluaran dan biaya hidup sehari-hari.
Jika kamu belum juga mendapatkan panggilan kerja penuh waktu, tak ada salahnya untuk mencoba bekerja paruh waktu.
Pekerjaan paruh waktu tersebut setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan dan membayar kewajiban lainnya.
6. Ikut Job Fair Virtual Gratis
Kawan Puan perlu pintar mencari kesempatan dalam kondisi ini, misalnya mengikuti job fair.
Seperti diketahui saat ini ada banyak job fair yang diadakan secara gratis oleh Kementerian Ketenagakerjaan, kampus, atau institusi lainnya.
Tips cermat ini tak akan memakan biaya besar dan memberikan kesempatan bagus, sebab di job fair banyak perusahaan yang akan melakukan tes wawancara secara langsung saat acara.
7. Menghabiskan Waktu di Rumah
Selama menjadi pengangguran, sebaiknya habiskanlah lebih banyak waktu di rumah, alih-alih terlalu sering keluar.
Kamu bisa mencoba menghabiskan waktu untuk membereskan rumah, menyelesaikan pekerjaan paruh waktu, atau menyebarkan lamaran kerja online.
Pasalnya, terlalu sering keluar rumah bisa menyebabkan kamu mudah tergoda untuk berbelanja hal-hal yang tidak penting.
8. Siapkan Dana Cadangan
Kesalahan terbesar dalam mengelola keuangan adalah tidak mempersiapkan dana darurat.
Walaupun kondisi keuangan saat ini sedang pas-pasan, pastikan kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama, jadi jangan lupa untuk mengalokasikan uang untuk dana cadangan.
Gunakan 20 persen sisa uang yang kamu miliki untuk dana darurat untuk berjaga apabila sewaktu-waktu kamu sakit, kecelakaan, atau kebutuhan mendesak lainnya.
Nah, itulah beberapa tips hemat yang bisa kamu coba terapkan apabila sedang menganggur dan mencari pekerjaan. Semoga membantu ya!
Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate
DIlansir dari laman kompas.com, berikut ini tips dapat kerja untuk fresh graduate:
1. Tunjukkan keahlian
Orang yang memiliki kelebihan akan memiliki poin tersendiri ketika melamar pekerjaan.
Untuk itu, usahakan menguasai suatu bidang keahlian agar menjadi daya tarik bagi perekrut.
Tips dapat kerja dengan cepat satu ini tidak harus skill berat. Salah satu contoh keahlian yang bisa dipelajari dan ditunjukkan adalah kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi, dan lainnya.
Selain itu, fresh graduate biasanya akan mendapatkan poin tambahan ketika memiliki kemampun berbicara Bahasa Inggris yang bagus.
Oleh karenanya, sertakan pula bukti konkrit kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki, misalnya sertifikat.
Hal tersebut akan menunjukkan bahwa pelamar memang pribadi yang capable dan perusahaan akan mempertimbangkannya.
2. Memperluas koneksi
Bukan rahasia umum lagi bila koneksi yang luas merupakan salah satu faktor yang membuat fresh graduate cepat mendapatkan pekerjaan.
Banyak manfaat yang didapatkan dari memperluas koneksi, salah satunya ketika membutuhkan pekerjaan.
Dalam hal ini, kenalan atau relasi yang luas akan turut membantu fresh graduate dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang ada.
Tak jarang, koneksi tersebut juga bisa saja menawarkan pekerjaan saat merasa membutuhkan tenaga kerja tambahan.
Selain itu, adanya koneksi atau kenalan juga bisa mendapatkan informasi yang lebih, seperti jenis pekerjaan, gaji, serta kelebihan dan kekurangan dari pekerjaan tersebut.
Nilai positif memiliki relasi yang luas lainnya adalah fresh graduate secara tidak langsung akan mengurangi tingkat persaingan.
3. Manfaatkan internet
Beberapa dekade ke belakang, melamar pekerjaan biasanya dilakukan secara door-to-door ke perusahaan.
Namun kini, melamar pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Pesat perkembangan teknologi membuat semua orang termasuk fresh graduate mudah memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet.
Dengan begitu, pemburu pekerjaan bisa dengan mudah mencari lowongan dan bisa dengan mudah melamar.
Sebagai contoh, banyak perusahaan pencari kerja yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, seperti Linkedin, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan lainnya.
Selain laman, fresh graduate juga bisa menggunakan media social, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.
4. Apply CV secara online
Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan apply Curriculum Vitae (CV) dilakukan secara online. Biasanya, CV dikirimkan ke alamat email perusahaan yang nantinya akan langsung diseleksi human resource development (HRD).
Sistem rekrutmen seperti ini pun menguntungkan bagi mereka yang bisa memanfaatkan internet dalam mencari pekerjaan.
Selain itu, pelamar kerja tidak perlu mengunjungi kantor satu per satu. Fresh graduate juga bisa mengirim CV ke puluhan alamat email perusahaan secara serempak dalam waktu yang singkat.
Hal yang sama berlaku ketika sebuah perusahaan sedang tidak membuka lowongan pekerjaan.
Pelamar tinggal mengirimkan letter of interest, sehingga HRD akan lebih dulu mempertimbangkan sebelum membuka lowongan pekerjaan.
GridPop.ID (*)
Source | : | Kompas.com,Parapuan.co |
Penulis | : | Luvy Octaviani |
Editor | : | Luvy Octaviani |
Komentar