Find Us On Social Media :

5 Ahli Kegempaan Jepang Prediksi Gempa 8,9 SR hingga Gelombang Tsunami Setinggi 12 Meter Mengancam Mentawai dan Bengkulu, Wagub Sumbar Minta Warga Waspada

By Veronica Sri Wahyu Wardiningsih, Minggu, 5 Mei 2019 | 09:00 WIB

Wakil Gubernur Sumatera Barat beri peringatan waspada pada masyarakat Bengkulu, Mentawai dan sekitarnya akan adanya potensi bencana gempa yang dahsyat.

GridPop.ID - Wilayah Indonesia berada di wilayah Ring of Fire alias Cincin Api yang menyimpan konsekuensi.

Dikutip GridPop.ID dari Tribun Jogja, (29/12/2018), bencana alam tsunami, gempa bumi dan gunung api menjadi bagian dalam kehidupan warga Indonesia.

Dikutip dari Ekspedisi Cincin Api Kompas, Indonesia termasuk dalam kawasan Ring of Fire, Sabuk Alpide dan tempat bertemunya tiga lempeng benua, Indo-Australia di Selatan, Eurasia di Utara dan Pasifik di bagian Timur.

Baca Juga : Suami Ditahan, Mulan Jameela Gagal ke Senayan, Keluarga di Kampung Ungkap Masa Silam Mulan yang Dijauhi Keberuntungan

Berdasarkan dari situs BMKG sendiri, pertemuan tiga lempengan tersebut membuat Indonesia termasuk daerah rawan gempa bumi.

Bukti paling mengerikan ketika terjadinya gempa bumi dahsyat di Aceh pada 26 Desember 2004 silam, dengan kekuatan 9,1 sampai 9,3 skala Richter, dikutip dari Tribun Style.

Bencana itu juga disertai tsunami dengan setinggi 30 meter.

Baca Juga : Nasib Getir Mulan Jameela, Gagal Lolos ke Senayan Keluarganya di Garut Sebut Peruntungan Mulan Sejak Dulu Memang Kurang

Sedangkan di sisi lain, dikutip dari Tribun Jogja, berdasarkan data dari aplikasi Magma Indonesia, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), per Sabtu (29/12/2018) ada 68 gunung api aktif di Indonesia.