Find Us On Social Media :

Dianggap Gunung Suci Masyarakat Bali, Ilmuwan NASA Sebut Letusan Dahsyat Gunung Agung Bisa Bawa Manfaat Mengejutkan untuk Hidup Manusia di Bumi, Kok Bisa?

By Veronica Sri Wahyu Wardiningsih, Sabtu, 25 Mei 2019 | 15:15 WIB

Gunung Agung kembali meletus.

GridPop.ID - Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali erupsi pada Jumat (24/5/2019) pukul 19.23 WITA.

Selain Gunung Agung dianggap suci bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya, rupanya letusan gunung tersebut dilaporkan bisa menyelamatkan umat manusia.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis menyebutkan, berdasarkan catatan Pos pengamatan Gunung Agung di Rendang milik PVMBG, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sekitar 4 menit 30 detik.

Baca Juga: Misteri dan Mitos Gunung Agung Bali, Dari Kera Putih Hingga Larangan Membawa Daging Sapi

"Erupsi disertai suara gemuruh sedang hingga kuat yang terdengar di pos pengamatan. Erupsi juga disertai lontaran batu/lava pijar sejauh 2,5 kilometer hingga 3 kilometer ke segala arah. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Sebaran abu vulkanik dan pasir mengarah ke selatan," kata Sutopo, Sabtu.

Disebutkan, status Gunung Agung tetap Siaga (level III) dengan rekomendasi masyarakat/pendaki dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius 4 km dari puncak.

Jarak antara puncak Gunung Agung dengan Bandara Internasional IGK Ngurah Rai jauh, yaitu sekitar 70 kilometer, sehingga bandara aman.

Baca Juga: Tak Diperhatikan Sang Suami, Istri Ketua KPU di Cianjur Bikin Skenario Penyekapan Dirinya Sendiri di Rumah

Menurut Sutopo, erupsi pada malam ini bukan yang pertama kali, tetapi sudah beberapa kali terjadi.