Find Us On Social Media :

Ditelantarkan di Bus Saat Hampir Tiba di Asrama, Puluhan Calon Jemaah Haji di Surabaya Ini Kena Tipu Sampai Ketakutan Ketika Didatangi Sejumlah Polisi

By Bunga Mardiriana, Rabu, 7 Agustus 2019 | 13:53 WIB

Korban penipuan jamaah haji saat diperiksa di Mapolda Jatim Senin (5/8/2019) malam

GridPop.ID - Puluhan calon jemaah haji di Surabaya menjadi korban atas aksi penipuan yang dilakukan oleh Martudji Djunadi.

Melansir Kompas.com, modus yang ditawarkan oleh pelaku adalah mempercepat keberangkatan para calon jemaah haji yang sudah antre cukup lama.

Pelaku menjanjikan calon jemaah haji supaya bisa berangkat tahun ini dengan memungut biaya tambahan yang cukup fantastis.

Baca Juga: Kisah Haru Dua Wanita Asal Jawa Timur Jadi Jemaah Haji Tertua dan Termuda, Zikir 30 Ribu Sehari hingga Sempat Kecewa

Biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh para jemaah haji berkisar mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 35 juta.

"Pelaku menjanjikan semua dokumen pemberangkatan sudah diurus, termasuk baju seragam dan pakaian ihram. Jemaah tinggal jap jempol saja," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Rabu (7/8/2019).

Sebanyak 51 orang yang sudah terdaftar sebagai calon jemaah haji di Kementerian Agama telah berhasil ditipu oleh pelaku.

Baca Juga: Setia Dampingi Suami yang Sakit Gagal Ginjal, Seorang Istri di Jawa Barat Rela Tunda Berangkat Haji Tahun Ini