Find Us On Social Media :

Sebelum Corona, Ini 5 Wabah Mematikan yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah Peradaban Manusia

By None, Rabu, 15 April 2020 | 16:00 WIB

Wabah Besar London.

GridPop.ID - Penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan terjadi di seluruh dunia sudah pernah terjadi sejak zaman dulu kala.

Saat ini, dunia tengah dibuat pontang panting oleh virus corona yang sudah menyentuh hampir seluruh lapisan manusia yang ada di muka bumi ini.

Namun, sebelum corona, pernah ada wabah yang hampir sama yang juga menyerang peradaban manusia di zaman dulu.

Berikut lima wabah terparah dan bagaimana mereka akhirnya berakhir.

Baca Juga: Kabar Duka Kembali Menyelimuti Dunia Artis, Penyanyi Jebolan X Factor Fera Queen Meninggal Dunia Usai 5 Tahun Berjuang Melawan Kanker Payudara

1. Wabah Justinian

Tiga dari pandemi mematikan yang tercatat dalam sejarah, disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis, organisme yang menyebabkan penyakit pes dan disebarkan melalui tikus. Infeksi fatalnya kemudian menyebabkan wabah di dunia.

Disebut sebagai wabah Justinian, ia pertama kali muncul di Konstatinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi Timur, pada 541 CE, dan kemudian menyebar seperti api melintasi Eropa, Asia, Afrika Utara dan Arab. Wabah ini menewaskan 30-50 juta orang yang diperkirakan hampir setengah dari populasi dunia kala itu.

"Orang-orang tidak mengetahui bagaimana cara melawannya kecuali menghindari mereka yang sakit," kata Thomas Mockaitis, profesor sejarah dari DePaul University.

"Mengenai bagaimana wabah berakhir, kemungkinan sebagian besar orang di tengah pandemi tersebut entah bagaimana mampu bertahan hidup dan mereka yang selamat memiliki kekebalan," ungkap Mockaitis.

Baca Juga: Soekarno Berucap 'Beri Aku 10 Pemuda Niscaya akan Ku Guncangkan Dunia', Ahli Spiritual Sebut Anak Kelahiran Tahun 2000 Beraura Mahkota Emas yang Bakal Mendukung Indonesia Berjaya Setelah 100 Tahun Merdeka

2. Wabah Maut Hitam atau Black Death