Find Us On Social Media :

Karyanya Berjasa Bagi Indonesia Terutama untuk Tangani Pasien Positif Corona, Begini Nasib Mengharukan Dosen ITB Hadapi Cibiran Hingga Rela Tidur di Masjid

By None, Kamis, 2 Juli 2020 | 11:05 WIB

Pencipta Vent-I, Syarif Hidayat (kemeja putih) tengah melihat proses pengerjaan ventilator portable.

GridPop.ID - Semua lapisan masyarakat nampaknya berjibaku melawan pandemi corona ini.

Bukan hanya pemerintah dan tenaga medis saja yang bertanggung jawab, masyarakat juga memiliki peran untuk menekan angka kasus.

Selain itu, pengalaman salah satu dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga menjadi kisah inspiratif karena upayanya yang berjasa bagi negara.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Sampaikan Rasa Haru dan Bangga pada Prestasi Anak Bangsa yang Berhasil Buat Ventilator Sendiri di Tengah Krisis Pandemi Corona, Harga Lebih Murah dan Kualitas Unggul!

Diberitakan Kompas.com, Syarif Hidayat menyunggingkan senyum. Ia menyenderkan punggungnya di sofa ruang kerjanya, di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ia teringat saat tenaga dan pikirannya dikuras saat menciptakan Ventilator Indonesia (Vent-I).

"Di sinilah saya menghabiskan waktu hampir 6 minggu saat menciptakan Vent-I. Tidur hanya 4 jam di sofa ini setiap malam," ujar Syarif kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Jumlah Kasus Virus Corona Makin Hari Makin Melonja Naik, RS Wisma Atlet Malah Adakan Dangdutan di Tengah Pandemi, Anji Manji: Ini Nakes Mau Saling Menularkan Virus?

Sofa berwarna hitam itu menjadi saksi bagaimana kerja keras Syarif di tengah cibiran, kesulitan bahan material karena Covid-19, hingga keterbatasan dana.