Find Us On Social Media :

Driver Ojol Ini Rela Balik ke Rumah Customer Demi Serahkan Uang Kembalian Rp 35 Ribu dan Sepucuk Surat Maaf hingga Menangis Berkali-kali Saat Dipanggil Pihak Ini

By Arif B,None, Jumat, 10 Juli 2020 | 15:42 WIB

Ade Adfian Ahmad (47), ojek online warga Kota Tasikmalaya yang aksinya viral setelah mengembalikan uang lebih pembayaran lewat secarik surat diselipkan di bawah pintu rumah konsumen, Rabu (8/7/2020)

 

GridPop.ID - Kisah para driver ojek online (ojol) memang tiada habisnya untuk dikulik.

Setiap driver ojol pasti punya pengalaman unik yang menarik untuk kita simak.

Seperti pengalaman Ade Alfian Ahmad (47), seorang driver ojol asal Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca Juga: Ayahnya Semasa Hidup Jadi Musisi Terkenal Tanah Air dan Mancanegara, Sang Anak Banting Tulang Menyambung Hidup Jadi Supir Ojol hingga Kuli Bangunan

Kisah Ade bermula saat ia mendapatkan pesanan atas nama Taufik.

Ade mendatangi rumah Taufik di Kecamatan Tawang, Tasikmalaya.

Rupanya, Ade diminta mengantarkan istri Taufik ke kantor BJB Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Kasusnya Berbuntut Panjang, Pelaku Penganiaya Driver Ojol yang Viral di Riau Ketahuan Positif Pakai Narkoba

Baca Juga: Dulu Semasa Hidup Sang Ayah Begitu Terkenal dan Bergelimang Harta, Sekarang Putra Artis Kondang Ini Harus Banting Tulang Jadi Kuli Bangunan Demi Sesuap Nasi

Setibanya di lokasi, Ade mendapatkan pembayaran tunai dari istri Taufik.

Setelah Ade pergi, ia baru menyadari bahwa konsumennya telah membayar secara nontunai.

Artinya, Ade menerima dua kali pembayaran dari jasanya, yakni secara tunai dan nontunai.

Baca Juga: Berawal dari TikTok, Driver Ojol Asal Malang ini Viral Gegara Miliki Wajah Tampan Mirip Aktor Korea Selatan Hingga Kini Jadi Selebgram Panen Endorse

Bingung, buat surat dan kembalikan uang

Ade merasa resah dan bersalah lantaran tak teliti.

Ia pun memutuskan kembali mendatangi rumah Taufik, sang konsumen.

Namun, pengemudi ojol itu tak mendapati siapapun setibanya di rumah Taufik.

"Saya coba ketuk-ketuk pintu rumahnya tapi tidak ada orang dan kata tetangganya sedang bekerja tidak ada siapa-siapa di rumah," tutur Ade.

Baca Juga: Disopiri Cewek Wangi Puluhan Kilometer hingga Bikin Heran Semua Orang , Driver Ojol Ini Syok Saat Tahu Wanita yang Ditumpanginya Bukan Manusia

Ia kemudian menulis surat permohonan maaf disertai uang lebihan pembayaran. Dua benda itu Ade selipkan di bawah pintu rumah.

"Di sana saya bingung, karena jauh saya buat surat dan ingin mengembalikannya ke rumahnya di Perum Casablanca Kota Tasikmalaya. Karena tidak ada orang di rumah itu saya selipkan surat dan uang lebih Rp 35.000 di bawah pintu," kata dia.

Baca Juga: Horor, Driver Ojol Ini Alami Pengalaman Mistis Antar Penumpang Gaib yang Sudah Meninggal 4 Tahun Lalu, Risa Saraswati Sampai Bergidik Ngeri: Saya Jadi Merinding

Konsumen kagum, unggah kejujuran Ade ke medsos

Beberapa saat kemudian, Ade mendapatkan telepon dari kantornya, Grab.

Rupanya, sang konsumen telah menemukan sepucuk surat Ade dan uang lebih yang diselipkan melalui bawah pintu.

Konsumen itu kagum dan mengunggah tindakan Ade ke media sosial.

Ade tak menyangka, apa yang dilakukannya menjadi sebuah cerita dan viral.

"Saya kaget, saya dipanggil karena viral surat saya. Saya hanya berniat ingin mengembalikan uang lebih saja Pak," kata Ade yang bekerja dengan sepeda motor pink itu.

Menangis

Di satu sisi, Ade masih merasa menyesal lantaran tak teliti.

Penyesalan Ade itu bahkan membuatnya tak kuasa meneteskan air mata ketika Grab menghubunginya.

Baca Juga: Dulu Terkenal dan Jadi Idola Ibu-ibu Hingga Remaja, Pesinetron Tampan ini Kini Banting Setir Jualan Keripik Singkong Hingga Jadi Driver Ojol Demi Menyambung Hidup: Nggak Tau Mau Ngapain Lagi

City Lead Grab Priangan Timur Jawa Barat Hirawan Wibisana mengemukakan, Ade merupakan sosok mitra yang menjadi teladan.

Ade diketahui aktif menjadi mitra Grab sejak akhir 2019.

"Pak Ade orangnya rajin dan kata rekan-rekannya selalu berangkat bekerja jadi ojol setelah shalat subuh setiap harinya. Tadi pas saat saya telepon, Pak Ade mengira kami adalah telepon penipuan, kan banyak tuh yang telepon atas nama Grab yang penipuan. Justru tadi Pak Ade menangis saat kami menanyakan hal itu, padahal Pak Ade sudah menjadi inspirasi karena kejujurannya," kata Hirawan, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Ngemis Bantuan di Jalan Hingga Nekat Cegat Mobil Baim Wong, Gerombolan Ojol Ini Buat Suami Paula Verhoeven Naik Pitam: Mau Patah Kaki, Putus Tangan, Gua Gak Peduli!

Ade kembali menangis, merasa bersalah karena kelalaiannya saat bertemu dengan pihak Grab.

"Setelah ditelepon dan bertemu saya langsung, akhirnya Pak Ade kaget karena surat permohonan maaf bersama uang Rp 35.000 pembayaran lebihnya di-posting oleh konsumennya. Tadi pas ketemu menangis kembali, karena dirinya mengaku telah lalai dan tak teliti memeriksa metode pembayaran. Padahal, kami panggil untuk kami berterima kasih secara langsung," tambah dia.

GridPop.ID (*)

Artikel ini telah tayang di Sosok.ID dengan judul "Kembalikan Uang Kelebihan Bersama Sepucuk Surat Permintaan Maaf, Driver Ojol Ini Sampai Ditemui Pegawai Kantor Grab dan Menangis Beberapa Kali, Ini Kisahnya!"