Find Us On Social Media :

Cerita Pengalaman Para Tenaga Kesehatan Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Mulai Tahapan hingga Efek yang Dirasakan

By Septiana Hapsari, Kamis, 21 Januari 2021 | 11:30 WIB

Ilustrasi vaksinasi Covid-19

GridPop.ID - Setelah penyuntikan vaksin Covid-19 pada Presiden RI, Joko Widodo, yang dilaksanakan Rabu (13/01/2021) lalu, selajutnya tahapa vaksinasi nasional pun dilaksanakan.

Tahapa pertama yakni pelaksanaan vasinasi pada para tenaga kesehatan.

Di beberapa tempat, penuntikan vaksin Covid-19 pada tenaga kesehatan sudah dilaksanakan.

Salah satu Humas RS Kanker Dharmais yang juga Humas Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Anjari Umarjianto, berbagi cerita pengalamannya disuntik vaksin.

Baca Juga: Berbanding Terbalik dengan Rencana Menkes Indonesia, WHO Tak Sarankan Bukti ataupun Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Perjalanan

"Jadi pertamanya pasti saya cek kan, karena ada informasi seluruh tenaga kesehatan dan tenaga pendukung itu dapat gelombang pertama, tahap pertama untuk vaksinasi Covid-19. Kami ngecek di Peduli Lindungi dan ngecek di SMS, ternyata dapat," kata Anjari.

Setelah melakukan pendaftaran ulang pada 13 Januari 2021, kemudian mendapatkan jadwal vaksinasi pada 15 Januari 2021.

"Saya dapat tadi pagi jam 08.00 WIB (di RS Kanker Dharmais)," ujar dia.

Ada empat tahapan yang dijalani sebelum mulai penyuntikan, yaitu registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin, dan penerbitan sertifikat vaksinasi.

Baca Juga: Menkes Berencana Beri Sertifikat Pada Para Penerima Vaksin Covid-19, Epidemiolog Justru Sebut Efeknya Berbahaya: Bisa Jadi Potensi Penularan!