Find Us On Social Media :

Pemberangkatan Jamaah Haji 2021 Resmi Batal, Komisi VII DPR RI Minta Pemerintah Lobi Arab Saudi Soal Umrah

By Luvy Octaviani, Jumat, 4 Juni 2021 | 09:41 WIB

Potret Ibadah Haji tahun 2020

GridPop.ID - Bagi calon jamaah haji, tahun ini terpaksa kembali harus bersabar karena pemberangkatan tahun 2021 ini resmi dibatalkan.

Hal ini terkait karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus meningkat.

Selain itu, Indonesia hingga saat ini belum mendapatkan izin masuk dari Pemerintah Arab Saudi.

Terkait hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta pemerintah melobi Arab Saudi agar membuka penerbangan untuk Indonesia.

Hal ini supaya umat Islam di Tanah Air bisa melaksanakan umrah pasca dibatalkannya pemberangkatan jemaah haji tahun ini.

Baca Juga: Tak Terima Namanya Terus Dipojokkan, Alvin Faiz Beri Klarifikasi Jawab Tudingan Miring yang Sebut Tak Ada Niatan Nikahi Larissa Chou Sejak Awal: Luar Biasa Fitnahnya!

"PR bagi pemerintah Indonesia tetap melakukan lobi supaya penerbangan dibuka. Karena kalau hajinya enggak bisa, mungkin kita bisa memberikan kesempatan kepada umat muslim untuk melaksanakan umrah di masa-masa yang akan datang," kata Yandri dikutip oleh kompas.com dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Kemenag RI, Kamis (3/6/2021).

"Tentu ini bukan tugas Kementerian Agama untuk melobi untuk dibukanya penerbangan, tapi itu lobi Menteri Luar Negeri atau pihak yang lain," tuturnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum membuka penerbangan dari Indonesia ke Jeddah maupun Madinah.