Find Us On Social Media :

Khawatir Terpapar Virus, Simak Waktu Terbaik Melakukan Tes Antigen dan PCR untuk Mendeteksi Virus Covid-19, Begini Penjelasan dari Dokter

By Lina Sofia, Minggu, 27 Juni 2021 | 05:01 WIB

Satgas Covid-19 melakukan penelusuran atau tracing dengan swab PCR kepada warga sekitar Taman Pintar Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021).

GridPop.ID - Seringkali orang bingung harus memilih tes swab antigen atau PCR test untuk mendeteksi apakah terpapar virus Corona atau tidak.

Apalagi di tengah kondisi kasus Covid-19 yang terus meningkat saat ini.

Dilasir dari Kompas.com apalagi kini Varian Delta yang lebih menular, diyakini bertanggung jawab atas peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Bahkan, varian yang awalnya ditemukan di India ini kian meningkatkan risiko penularan Covid-19 hingga peningkatan perburukan penyakit.

Baca Juga: Penting Diketahui, Inilah Perbedan Rapid Test Antigen yang Kini Dijadikan Syarat Perjalanan dengan Rapid Test Antibodi dan PCR

Kondisi ini membuat orang khawatir, apakah dirinya terpapar virus corona atau tidak.

Tes Covid-19 penting dilakukan untuk mendeteksi infeksi virus corona pada orang yang merasakan gejala Covid-19, atau melakukan kontak erat dengan orang yang positif Covid-19.

Tes antigen dapat mendeteksi protein spesifik dari virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Sementara tes PCR mampu mendeteksi materi genetik virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.