Find Us On Social Media :

Angka Kasus Penurunan Covid-19 di Indonesia Belum Mencapai Rekomendasi WHO, Kemenkes Ungkap Terjadi Kenaikan Lagi di Beberapa Provinsi

By Lina Sofia, Kamis, 5 Agustus 2021 | 16:01 WIB

Siti Nadia Tarmizi

GridPop.ID - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengemukakan terkait angka kasus Covid-19 di Indonesia.

Ia mengungkapkan bawah penurunannya belum mencapai rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO), yakni di bawah 5 persen.

"Positivity rate nasional saat ini berada di angka 25,2 persen dengan tren menurun di dua pekan terakhir. Meskipun terjadi penurunan, angka positif masih tinggi untuk bisa mencapai target kurang dari 5 persen sesuai rekomendasi WHO," kata Nadia dikutip dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Tolong Diperhatikan, Ternyata Begini Cara Mudah Mengukur dan Menaikkan Saturasi Oksigen yang Rendah Rekomendasi Kemenkes

Dilansir dari Kompas.com, Namun di samping itu Nadia juga menyampaikan terkait angka kasus mingguan Covid-19 secara nasional yang menurun sebanyak 5 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Kendati demikian, terdapat sejumlah provinsi yang melaporkan kenaikan kasus Covid-19 lebih dari 50 persen dibanding pekan sebelumnya.

Provinsi-provinsi tersebut di antaranya Aceh, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

"Jadi perlu dicatat beberapa provinsi yang melaporkan kenaikan kasus lebih dari 50 persen dibandingkan sebelumnya," katanya.

Baca Juga: Vaksin Kedua Mencapai 10,29 Persen, Kemenkes Kini Rencanakan Vaksin Ketiga untuk Masyarakat Umum, Catat Tanggalnya Jangan Sampai Kelewatan!