Find Us On Social Media :

Keturunan Pangeran, Perwira TNI Berpangkat Letkol Ini Hobi Koleksi Pusaka dari Berbagai Kerajaan di Jawa-Sumatera yang Usianya Ratusan Tahun, Begini Penampakannya

By Lina Sofia, Sabtu, 28 Agustus 2021 | 07:32 WIB

Perwira TNI koleksi pusaka Trisula Majapahit

GridPop.ID - Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Erwisnyah Taufan tak disangka punya hobi yang terbilang berbeda dari yang lain.

Perwira TNI ini punya hobi mengkoleksi benda pusaka dari berbagai kerajaan di Jawa dan Sumatera.

Pada  kesempatan kali itu ia begitu semangat untuk menjelaskan satu persatu benda pusaka koleksinya.

Ada 51 benda pusaka yang terpajang di ruang kerjanya, bahkan ruang kerjanya itu lebih mirip galeri khusus untuk menyimpan benda-benda pusaka.

Dilansir dari Sripoku.com, benda pusaka yang di koleksinya merupakan peninggalan kebudayaan dari berbagai kerajaan di tanah Jawa dan Sumatera.

Usai menunjukkan puluhan pusaka koleksinya, cucu Dandim pertama di Kabupaten Musi Rawas (Mura) ini kemudian mengambil satu pusaka kesayangannya, lalu perlahan ia membuka dari warangkanya.

Erwin menuturkan keris yang ia pegang merupakan pusaka kesayangannya, bentuknya menyerupai tombak trisula, istimewanya tombak itu merupakan peninggalan zaman kerajaan Majapahit.

"Pengakuannya ini merupakan era Majapahit, istimewanya warangkanya dari kayu jati, dihiasi pakai perak yang di ukir dihiasi batu sapir, di tiga sisinya dihiasi mas putih 24 karat dan mas murni seberat 24 gram," ujarnya pada Tribunsumsel.com, Jumat (27/8/2021).

Ia menyebutkan koleksi pusakanya merupakan peninggalan tiga zaman, pertama zaman Majapahit, yakni Pataka Dwija Nareswara atau dikenal dengan cikal-bakal terbentuknya bendera merah putih.

"Lalu ada Pataka Surya Majapahit atau simbol kerajaan Majapahit pada waktu itu, dan terakhir ini tombak Tri Sula barang yang saya sangat sayangi," ceritanya.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Azriel Hermansyah Tiba-Tiba Ngebet Pingin Segera Nikah, Ternyata Gegara Benda Pusaka Ini!