Find Us On Social Media :

Bisa Bikin Mandul dan Sakit-sakitan, Kertas Pembungkus Nasi yang Biasa Dipakai Membungkus Makanan Ternyata Simpan Bahaya Mengerikan, Hentikan Segera

By Sintia N, Jumat, 3 September 2021 | 06:20 WIB

Kertas nasi atau kertas minyak ternyata berbahaya untuk kesehatan

GridPop.ID - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kertas nasi berwarna coklat atau yang dikenal juga sebagai kertas minyak.

Di Indonesia, kertas minyak ini sangat umum digunakan sebagai pembungkus nasi, gorengan hingga makanan-makanan lain.

Tapi tahukah kamu, ternyata kertas minyak berwarna coklat ini memiliki bahaya laten yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Grid Health, kertas nasi atau kertas minyak mengandung bisphenol A atau BPA yang memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Terkait bahaya penggunaan kertas nasi ini juga sempat dipaparkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di website resminya.

Dimana Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan.

Sebab menurut penelitiannya kertas nasi untuk membungkus makanan seperti untuk nasi goreng, nasi bungkus, atau martabak yang berwarna cokelat itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah mengurangi kesuburan pria alias mandul.

Baca Juga: Hobi Mewarnai Rambut, Wanita Ini Berakhir dengan Penyesalan Usai Didiagnosis Dokter Mengidap Penyakit Serius yang Nyaris Merenggut Nyawanya