Find Us On Social Media :

Selama Ini Dianggap Remeh, Membiarkan Lampu Tetap Menyala Saat Tertidur Dapat Berdampak Buruk untuk Kesehatan, Berikut Ini Efek Sampingnya yang Tak Terduga!

By Lina Sofia, Minggu, 12 September 2021 | 16:32 WIB

Ilustrasi tidur dengan lampu menyala

GridPop.ID - Apakah Anda termasuk tipe orang yang tidur dengan dengan lampu menyala?

Mungkin bagi sebagian orang membiarkan lampu tetap menyala saat tidur karena terlalu gelap sehingga rasanya cukup menakutkan.

Siapa sangka, faktanya mematikan lampu atau membiarkannya menyala dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan lho.

Dilansir GridHealth.ID, dari sleepfoundation.org dalam artikel Light and Sleep (03/11/20), cahaya dalam ruangan merupakan faktor eksternal terpenting yang memengaruhi tidur.

Cahaya memainkan peran sentral dalam mengatur ritme sirkadian, jam internal tubuh yang memberi sinyal kapan harus waspada dan kapan harus istirahat.

Tak hanya itu, cahaya juga memengaruhi produksi melatonin, hormon penting yang meningkatkan kualitas tidur.

Karenanya tidur dengan lampu kamar terang dianggap merugikan.

Namun tidak hanya lampu kamar saja yang dapat memengaruhi kesehatan, tetapi lampu gadget, televisi, dan benda lain yang mengeluarkan cahaya biru dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Ternyata, tidur dengan lampu yang menyala dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk. 

Baca Juga: Sering Dianggap Tidak Baik untuk Kesehatan, Seorang Ilmuwan Ungkap Begadang di Malam Hari Bisa Buat Tubuh Alami Perubahan Baik Ini