GridPop.ID - Siapa sih yang tak mau jika diberikan uang bernilai fantastis secara cuma-cuma?
Di dalam benak kita tentu mengatakan bahwa penerima hadian fantastis itu pasti akan merasa gembira bahkan kegirangan.
Namun, benarkah demikian?
Setidaknya hal itulah yang ada di benak seorang miliarder asal Jepang yang sengaja menghamburkan uangnya hanya untuk memenuhi rasa penasarannya.
Melansir dari Oddity Central via Sosok.ID, miliarder asal Jepang itu bernama Yusaku Maezawa.
Pada 31 Desember 2019 lalu, ia membuat pengumuman yang membuat warga Twitter terheran-heran.
Pasalnya, pendiri situs web ritel terbesar di Jepang itu akan membagikan uang senilai 1 miliar yen (sekitar Rp 123 miliar) kepada 1.000 orang secara acak.
Syarat yang diberikan Maezawa pun sangat mudah yakni mereka yang mau mendapat uang tersebut hanya perlu mengikuti akun Twitter-nya dan me-retweet cuitannya.
Adapun maksud Maezawa berbaik hati membagikan uang yang tak sedikit itu adalah untuk menjawab rasa penasarannya soal, 'Apakah uang benar-benar dapat membeli kebahagiaan?'
Siapa menyangka, tak sedikit orang yang ingin mencoba peruntungan dengan mengikuti give away tersebut.
Sekadar informasi, give away adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ketika orang-orang ingin membagikan sesuatu pada orang lain dengan syarat tertentu.
Biasanya give away dilakukan oleh seseorang bila mereka berhasil mendapat sesuatu yang diidam-idamkan atau saat bahagia saja.
Adapun, benda yang diberikan juga beragam, dapat berupa uang maupun benda.
Seperti yang dilakukan oleh Maezawa, ia membagikan sejumlah uang secara cuma-cuma karena ia ingin melakukan eksperimen.
Dalam sebuah video yang diunggahnya di YouTube, pebisnis berusia 44 tahun itu menyebut aksinya sebagai "uji coba sosial yang serius".
Aksi tersebut, akunya, terinspirasi dari konsep pendapatan minimum secara universal.
Maezawa mengatakan bahwa, karena dia 'punya uang dan waktu luang' untuk melakukan eksperimen, dia merasa perlu untuk memicu debat yang lebih besar tentang teori pembayaran berkala tanpa ikatan kepada seluruh warga Jepang.
Menariknya, ini bukanlah pertama kalinya Maezawa membagikan uang kepada orang-orang melalui Twitter.
Tahun lalu, ia membagikan 100 juta yen (sekitar Rp 12,3 miliar) dimana masing-masing pemenangnya akan mendapat 1 juta yen (sekitar Rp 123 juta).
Kali ini ia memutuskan untuk menambah jumlah penerima sebanyak 10 kali lipat untuk hasil yang lebih akurat.
Tweet-nya tahun lalu bahkan berhasil memecahkan rekor sebagai tweet yang paling banyak mendapat retweet sepanjang masa.
Mungkin tweet yang ia buat kali ini juga akan memecahkan rekor yang sama.
Maezawa, yang diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 2,2 miliar USD (sekitar Rp 300 triliun), meminta penerima hadiah untuk membelanjakan uangnya.
Selain itu, mereka juga diminta Maezawa untuk membantunya melacak dampak pada kehidupan dengan menjawab survei secara rutin.
Pengusaha itu juga mengimbau akademisi dan ekonom untuk membantu menganalisis hasilnya.
1.000 pemenang akan dipilih secara acak menggunakan lotere dan akan dihubungi secara langsung oleh Maezawa di akhir bulan ini.
Bicara soal give away, belakangan ini di Indonesia muncul tren baru bernama tren ikoy-ikoyan.
Serupa dengan give away, tren ikoy-ikoyan juga menjanjikan hadiah untuk para pengguna media sosial secara acak.
Dilansir dari Tribunnews.com, tren viral itu awalnya dicetuskan oleh seleb media sosial, Arief Muhammad.
Lewat akun Instagramnya, @ariefmuhammad, ia membagi-bagikan uang sebesar Rp1 juta hingga HP baru untuk para followers-nya.
Syaratnya, followers Arief Muhammad diwajibkan untuk mengikuti akun Instagram sejumlah bisnis yang dimilikinya.
Lewat Instagram Story, Arief akan meminta Rizqi (asisten Arief Muhammad yang akrab dipanggil Ikoy) untuk mengirim uang Rp 1 juta pada followers yang beruntung.
Sementara itu, Rizqi akan mengonfirmasi permintaan Arief lewat Instagram pribadinya @mrizqifadhilah.
Tak hanya uang, Arief juga membagikan sejumlah produk dari usaha yang dimilikinya, seperti Baso Aci Akang, kemeja dari Prepp Studio, bahkan HP baru dari Cuan Cuan.
Viralnya tren ikoy-ikoyan ini membuat sejumlah selebgram, bahkan selebriti, mendapat DM dari warganet agar melakukan hal serupa.
GridPop.ID (*)