Find Us On Social Media :

'Saya Ingin Hidup', Pria Ini Pilih Lakoni Transplatasi dari Jantung Babi Ketimbang Meninggal Dunia, Kondisi Tubuhnya Pasca Operasi Tuai Sorotan

By Ekawati Tyas, Kamis, 13 Januari 2022 | 09:02 WIB

Pria ini pilih lakukan transplantasi jantung dari babi ketimbang meninggal dunia.

GridPop.ID - Ketimbang meninggal dunia, pria di Maryland, Amerika Serikat ini pilih lakukan transplantasi jantung dari babi.

Dilansir dari CNN via Kompas.com, pria bernama David Bennett (57) mengidap penyakit jantung terminal.

Kondisi tersebut membuat Bennet mesti mengganti organ tubuhnya menggunakan jantung babi sebagai satu-satunya langkah yang tersedia.

Sebab, Bennet dianggap tidak memenuhi syarat transplantasi jantung konvensional atau pompa jantung buatan setelah meninjau catatan medisnya.

Hanya ada dua pilihan untuk Bennet.

"Pilihannya adalah mati atau melakukan transplantasi ini. Saya ingin hidup.

Saya tahu kemungkinan berhasilnya kecil, tapi itu pilihan terakhir saya," katanya sebelum operasi dalam rilis dari University of Maryland Medicine dikutip via Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS memberikan izin darurat untuk operasi Bennet pada, Jumat (31/12/2021).

Bennet akhirnya menerima jantung babi yang dimodifikasi secara genetik dalam operasi transplantasi pertama dari jenisnya.

Baca Juga: Semua Dilakukan Demi Endorse, Atta Halilintar Rela Tampil Botak hingga Alami Pembengkakan, Aurel Hermansyah Lakukan Ritual Wajib Ini Demi Rawat sang Suami

Kondisi Bennet pasca operasi menjadi sorotan.

Keberuntungan berpihak padanya, kondisi Bennet sehat usai tiga hari menjalani operasi.