Find Us On Social Media :

Digelar Secara Darurat, Momen Soeharto Saat Nikahi Ibu Tien Terungkap, Hanya Diterangi Beberapa Lilin Redup hingga Tak Rasakan Malam Pertama karena Khawatir Serangan Belanda

By Lina Sofia, Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:01 WIB

Soeharto dan Ibu Tien

GridPop.ID - Tepat pada 27 Januari 2008 Soeharto meninggal dunia, kini terhitung sudah 14 tahun Indonesia kehilangan sosok presiden yang dijuluki bapak pembangunan ini.

Semasa hidupnya, salah satu yang paling dikenang dari Soeharto ialah kisah cintanya dengan sang istri, Siti Hartinah alias Ibu Tien.

Kisah cinta mantan Presiden RI kedua Soehato dan Siti Hartinah alias Ibu Tien ini menarik untuk ditelusuri lebih dalam

Dilansir dari Kompas.com, kisah itu berangkat dari perjodohan keluarga Soeharto, bibinya, Prawiro merasa gelisah karena keponakannya yang berusia 26 tahun itu belum juga memiliki istri.

Pria kelahiran Bantul, Yogyakarta, 8 Juni 1921 itu pun langsung menjawab bahwa dia masih ingin melanjutkan perjuangan di militer.

Kala itu memang karier Soeharto di militer sedang cemerlang. Mendengar jawaban Soeharto, sang bibi protes.

Menurut dia, pernikahan tidak perlu terhalang oleh perjuangan. Prawiro lantas menyebutkan sebuah nama untuk dijodohkan dengan Soeharto.

"Kamu masih ingat kepada Siti Hartinah, teman sekelas adikmu, Sulardi, waktu di Wonogiri?" tanya sang bibi seperti dikisahkan pada buku "Falsafah Cinta Sejati Ibu Tien dan Pak Harto".

Soeharto pun mengiyakan. Namun, ia tak yakin Hartinah dan keluarganya mau menerima dia.

Baca Juga: 32 Tahun Kakeknya Jadi Petinggi di Indonesia, Inilah Deretan Cucu Soeharto yang Bakal Jadi Penerus Keluarga Cendana, Punya Pesona Memikat hingga Miliki Prestasi Cemerlang

"Tetapi bagaimana bisa? Apa dia akan mau? Apa orang tuanya memberikan? Mereka orang ningrat. Ayahnya, Wedana, pegawai Mangkunegaran," jawab Soeharto ragu-ragu.

Keraguan itu langsung ditepis Prawiro, ia mengatakan mengenal keluarga Hartinah dan akan menjodohkan Soeharto dengan putri dari RM Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmati Hatmohoedojo itu.