Find Us On Social Media :

Jelang Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 2022, Berikut Bacaan Doa dan Tuntunan Ziarah Kubur yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

By Arif B, Kamis, 17 Maret 2022 | 09:32 WIB

Foto Rano Karno berziarah kubur itu dibagikan di akun Instagram pribadinya.

GridPop.ID - Jelang puasa Ramadhan dan Idul Fitri 2022, umat muslim biasanya melakukan ziarah kubur ke makam leluhur atau keluarga.

Ziarah kubur sendiri hukumnya sunnah untuk mengingatkan yang masih hidup akan kematian dan bisa pelajaran.

Adapun berikut bacaan doa dan tuntunan ziarah kubur, seperti yang dilansirkan GridPop.ID dari Surya.co.id.

1. Mengucap salam

Assalaamu 'alaa ahlid diyaari minal mu'miniina wal muslimiina wa innaa insyaa Allaahu lalaahiqqun. Nasalullaahu lanaa wa lakum 'aafiyah.

Artinya, "Salam keselamatan atas penghuni rumah-rumah (kuburan) dan kaum mukminin dan Muslimin, mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kita dan orang-orang yang belakangan, dan Kami Insya Allah akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan bagi kami dan bagi kalian"

2. Duduk

3. Membaca Surat al-Fatihah

Surat Al Fatihah dibaca sebanyak tiga kali yang pahalanya dihadiahkan untuk pertama, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, para sahabat, para ulama. Kedua untuk orang tua, guru, keluarga yang sudah meninggal dunia. Ketiga untuk para ahli kubur dari kalangan umat Islam.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Adab Sebelum Tidur, Dijamin Nyenyak dan Bebas Gangguan Jin, Amalkan Mulai Malam Ini!

4. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ. اَللهُ الصَّمَدُ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ. وَلَمْ يَكٌنْ لَهُ كُفُوًا اَحَدٌBismillaahirrohmaanirrohiim. Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam ylad, wa lam yakul lah kufuwan ahad (3X)