GridPop.ID - Pengusaha bernama Gilang Widya Pramana atau lebih dikenal sebagai Juragan 99 belakangan ini tengah disorot tajam.
Hal itu tak lain merupakan buntut atas penangkapan dua orang crazy rich yakni Indra Kenz dan Doni Salmanan.
Tak sedikit yang mencurigai aliran dananya, hingga meminta orang terkait untuk memeriksanya.
Namun kali ini, Gilang Juragan 99 tak sendirian.
Sebab, sang istri Shandy Purnamasari mendadak ikut menyita perhatian publik dengan pernyataannya yang mencengangkan.
Dilansir melalui Suar.ID, Juragan 99 dan Shandy Purnamawa mengklaim bahwa bisnis kosmetik mereka yakni MS Glow berhasil meraup cuan sebanyak Rp 600 miliar.
Mereka mengaku nominal itu ia dapatkan dari keberhasilannya menjual sebanyak 2 juta produk per bulan.
Dengan asumsi bila harga produk ini sekitar Rp50-Rp150 ribu, paket yang Rp300 ribu dikali dengan 2 juta total asumsi penghasilan capai Rp600 miliar.
"Dua juta kalikan harga produk yang mulai dari Rp 50 – Rp 150 ribu, paket Rp 300 ribu. Anggap aja 300 ribu kali dua juta itu 600 miliar per bulan, tapi itu dengan asumsi paket,” kata Juragan 99.
Sontak saja unggahan Juragan 99 dan Shandy Purnamasari itu pun langsung menuai kehebohan netizen di media sosial.
Pasalnya, hal tersebut dinilai tidak wajar.
Dimana akun @aris*** membandingkan dengan brand lokal lainnya seperti Mustika Ayu dan Martha Tilaar yang keuntungannya bahkan tak sampai Rp600 miliar per bulannya.
Akun @nuth*** malah mencoba bertanya apa yang bisa buat MS Glow ini laku hingga Rp600 miliar per bulannya.
"waw, kalo emang bener si ms glow sampe segitu faktornya apa yak? apakah karena marta tilaar dan mustika ratu terlalu segmented? atau kalah zaman? atau ms glow memang mencakup semua umur dan kalangan apalagi dengan telemarketing kek gitu?" tuturnya.
Selanjutnya, ada akun @dewi*** jelaskan hal apa yang buat MS Glow ini bisa laku keras.
"MS Glow justru sama sekali ga hype di kalangan beauty enthusiast / beauty vlogger, loh. Karena target market mereka memang beda (mostly yang pake MS Glow itu followers artis Indo & ibu-ibu). Mereka kalo promosi juga kencengnya ke artis doang. Makanya jadi banyak yang terpengaruh," tuturnya.
Meski begitu, ia tetap mengatakan kalau keuntungan Rp600 miliar ini dinilai tak wajar.
"Tapi kalau untuk klaim 600M perbulan sih jujur sulit dipercaya ya. Walaupun ibaratnya mereka punya banyak banget reseller resmi. Karena brand mereka tuh nggak se-hype itu kok. Kalo yang hype di kalangan beauty enthusiast tuh semacam Somethinc / Avoskin," bebernya.
Beberapa netizen lainnya pun mencoba menimpali dengan mereka yang tetap merasa janggal dengan klaim penjualan yang capai Rp600 miliar.
frs***: "600M per bulan itu 7.2T per taun. Nggak masuk akal, ambil aja profit 20%, itu udah 1.4T. Dalam 4 taun udah sekaya sandiaga uno yang bisnisnya keliatan di mana2"
san***: "600 milyar/bln, berarti per hari omset nya 20M, klo minimal ada 20 unit bisnis di bawah group usaha nya, per unit usaha ( taro lah subsidi silang) omset nya hrs 1M/hari. Btw grup Wardah tahun lalu Omset nya di kisaran 13-15M/ bulan"
ohs***: "Kek nya org somethinc & avos tertawa di kantor mereka melihat portal berita itu toh jelas ke 2 brand itu yg paling hype dmna mna & mungkin pun sebln ga smpe mentok 600 kali . Ga waras sih si msglow ini,"
Tak cuma netizen dunia maya, postingan Juragan 99 itu juga langsung memancing komentar dari salah seorang anak buah Sri Mulyani, Prastowo Yustinus.
Tangan kanan Menteri Keuangan itu bahkan sampai menghitung jumlah wajib pajak yang seharusnya dibayarkan oleh pemilik MS GLOW dengan pendapatan sefantastis itu.
"Wow gurih nih @DitjenPajakRI Setahun omset Rp 7,2 T. Berarti memungut PPN 10% Rp 720 M. Tinggal cocokin ke SPT PPN dan SPT PPh. Semoga banyak yang pamer kayak gini nih…" tulisnya di akun Twitter @prastow, Kamis (24/3/2022).
GridPop.ID (*)