Find Us On Social Media :

Benarkah Gosok Gigi di Siang Hari Bikin Puasa Batal? Ustaz Bongkar Faktanya, Simak Penjelasannya

By Luvy Octaviani, Kamis, 7 April 2022 | 15:02 WIB

Ilustrasi sikat gigi

GridPop.ID - Umat muslim di seluruh dunia kini tengah menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadhan 2022.Diketahui, pemerintah memutuskan puasa tahun 2022 jatuh pada hari Minggu (3/4/22).Sedangkan Muhammadiyah memulai puasa Ramadhan 2022 pada hari Sabtu (2/4/22).Dikutip oleh kompas.com dari Encyclopaedia Britannica, Ramadan atau Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam yang merupakan bulan suci puasa dengan lama periode 29-30 hari. Ramadhan adalah periode penebusan yang dikenal dengan istilah Arab shaum yang artinya menahan diri. Kebanyakan orang memahami shaum sebagai kewajiban untuk berpuasa selama bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan adalah puasa yang dilakukan umat Islam selama bulan Ramadhan dengan tidak makan dan minum selama siang hari. Puasa adalah salah satu rukun Islam (lima prinsip dasar agama Islam). Padahal bila ditafsirkan secara luas, shaum adalah kewajiban menahan diri antara fajar hingga senja dari makanan, minuman, dan semua bentuk perilaku dan pemikiran yang tidak murni atau hawa nafsu.

Baca Juga: Merry Asisten Raffi Ahmad Ngamuk-ngamuk, Sindir Telak Sosok yang Diduga Selingkuhan sang Bos: Gue Heran, Masih Mau Aja!