Find Us On Social Media :

Golongan Darahnya Masih Bisa Dicek, Mumi 'Cantik' dari Zaman China Kuno Ini Buat Ilmuwan Geger Gegara Masih Segar Padahal Usianya Lebih dari 2000 Tahun

By Andriana Oky, Minggu, 10 April 2022 | 15:03 WIB

Patung lilin yang menggambarkan sosok Lady Dai saat masih muda.

GridPop.ID - Fenomena mumi tampaknya masih berhasil mencuri perhatian publik hingga saat ini.

Berbicara soal fenomena mumi lekat dengan negara Mesir. Pasalnya negara tersebut dikenal dengan tradisi mengawetkan jasad para rajanya.

Namun selain di Mesir, ada salah satu Mumi asal China yang disebut-sebut sebagai mumi terbaik yang diawetkan di dunia.

Mengutip GridHot.ID, diungkapkan mumi tersebut bernama Xin Zhui atau Lady Dai seorang istri aristokrat dari bangsawan Dinasti Han, Li Cang.

Mumi Lady Dai sudah berusia lebih dari 2.100 tahun setelah kematiannya. Namun pada dokter masih bisa melakukan otopsi pada jasadnya.

Meski wajahnya tampak bengkak dan cacat, kulitnya masih lunak untuk disentuh, tidak ada tanda-tanda rigor mortis (kaku mayat) yang tampak.

Lengan dan kakinya juga masih bisa bengkok. Bahkan, organ internalnya masih utuh dan masih ada darah di pembuluh darahnya.

Meski wajahnya tampak bengkak dan cacat, kulitnya masih lunak untuk disentuh, tidak ada tanda-tanda rigor mortis (kaku mayat) yang tampak.

Dokter bahkan bisa menentukan golongan darahnya, yakni bertipe A.

Baca Juga: Padahal Sudah Terkubur Sejak 2.200 Tahun Silam, Kondisi Mayat Grauballe Man Masih Utuh, Ilmuwan Ungkap Fakta Mengerikan dari Setiap Bagian Tubuh