Find Us On Social Media :

Lebih Baik dari Malam Seribu Bulan, Ini Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar yang Dapat Dirasakan Manusia, Lengkap dengan Keistimewaannya

By Lina Sofia, Kamis, 21 April 2022 | 03:31 WIB

Malam seribulan, lailatul qadar.

GridPop.ID - 10 hari terakhir di bulan ramadhan memilliki keistimewaan sendiri bagi umat Islam.

Pasalnya di hari-hari tersebut ada satu malam sangat mulia yakni malam Lailatul Qadar.

Bagi siapapun yang melaksanakan ibadah di malam Lailatul Qadar ini pahalanya lebih baik dari malam seribu bulan.

Lantas kapan malam Lailatul Qadar pada Ramadhan 2022 ini?

Ada tanda-tanda khusus hadirnya malam Lailatul Qadar yang dapat dirasakan manusia, malam tersebut sangat spesial lantaran penuh dengan keberkahan Ramadan 1442 Hijriah.

Seperti dilansir Tribun Ramadan di ditayangkan dalam YouTube Tribunnews.com bertajuk TANYA USTAZ: Apa Itu Lailatul Qadar dan Apa Tanda-tandanya?

Dr H Baidi mengatakan pada intinya ayat ini memberikan pemahaman bahwa Allah SWT memerintahkan kepada umat Muslim bahwa di dalam bulan Ramadhan ada satu malam yang mulia yang disebut Lailatul Qadar.

Kebaikan daripada malam mulia ini yakni pahala yang diberikan kepada orang yang melaksanakan ibadah di malam Lailatul Qadar, lantaran malam tersebut lebih baik dibandingkan 1000 bulan atau 84 tahun

"Oleh karena itu seperti sunnah Rasulullah SAW, kita diperintahkan untuk melakukan itikaf, kencangkan ikat pinggang untuk beribadah, jauhkan tempat tidur serta berbagai godaan dunia untuk menyambut Lailatul Qadar," terangnya. 

Baca Juga: Jatuh di Malam ke-17 Bulan Ramadhan, Inilah 5 Keutamaan Luar Biasa pada Malam Nuzulul Quran, Berikut 2 Doa yang Dibaca di Waktu Istimewa Ini

Dalam berbagai riwayat telah dijelaskan dalam hadits Rasulullah Muhammad SAW bahwa lailatul qadar terjadi 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

"Namun timbul pertanyaan malam yang ke berapa itu?" ujar Dr H Baidi.