Find Us On Social Media :

Terhipnotis Modus Link Undian Berhadiah, Saldo Tabungan Rp 65 Juta Milik Driver Ojol Semarang Ini Langsung Ludes Digondol Penipu, Begini Kronologinya

By Lina Sofia, Jumat, 22 April 2022 | 12:41 WIB

Kisah Ojol Dihubungi Nomor Asing Begitu Klik Inilah yang Terjadi.

GridPop.ID - Modus penipuan yang menyebutkan ada undian berhadiah dari bank sedang marak terjadi.

Biasanya pesan itu dikirimkan melalui WhatsApp dan isi pesannya yakni si pengirim memberitahukan kepada penerima bahwa ia perlu mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi untuk mencairkan hadiahnya.

Seperti kisah yang dialami driver ojek online (ojol) asal Semarang, Jawa Tengah, Irwanuari Kiswanto ini yang baru saja kena tipu.

Ia kehilangan uang senilai Rp 65 juta akibat kejahatan bermodus undian berhadiah dari bank.

Dilansir dari Kompas.com, Irwanuari menjelaskan, peristiwa itu bermula saat dia mendapatkan panggilan telepon melalui aplikasi WhatsApp, Selasa (19/4/2022), pukul 11.44 WIB.

Penelepon yang mengaku dari bank dengan nomor telepon 1(401)777-7910 itu mengiming-imingi Irwanuari dengan undian berhadiah.

Irwanuari mengatakan, sudah dua kali mendapatkan telepon dari nomor yang tak dikenal, tapi tidak diangkat.

Namun, pada panggilan yang ketiga, Irwanuari mengangkat panggilan tersebut.

Pelaku lalu mengirimkan sebuah link dengan alasan untuk melihat poin di bank.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Rumah Mewah Milik Artis Ternama Tanah Air Ini Tiba-tiba Didatangi Beberapa Driver Ojol Tanpa Diketahui Pemesannya

Seakan terhipnotis, dia melakukan semua yang diperintahkan oleh penelepon tersebut. Irwanuari juga memberikan kode one time password (OTP) kepada penelepon itu.

Setelah mendapatkan apa yang diinginkan, si penelepon memblokir nomor Irwanuari dan menghapus beberapa chat.