Find Us On Social Media :

Penderita Diabetes Wajib Tahu, Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman Selama di Perjalanan, Salah Satunya Pastikan Kondisi Tubuh Sebelum Berangkat

By Arif B, Senin, 2 Mei 2022 | 10:02 WIB

Ilustrasi mudik Lebaran 2022

GridPop.ID - Adanya lampu hijau dari pemerintah terkait mudik Lebaran 2022 disambut baik oleh masyarakat.

Pasalnya, setelah dua tahun adanya pembatasan terkait Covid-19, kini masyarakat bisa kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Namun, bagi penderita diabetes harus lebih cermat di mudik Lebaran 2022 ini.

Jangan sampai kondisi kesehatan menganggu perjalanan ke kampung halaman.

Melansir dari Kompas.com, peningkatan gula darah ringan ternyata bisa merusak saraf, ginjal, dan retina.

Bahkan, semakin tinggi kadar gula darah, maka kerusakan yang terjadi dapat semakin buruk lho.

Karenanya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, Dip.TH merincikan, setidaknya ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh penderita diabetes menjelang mudik Lebaran.

Salah satunya, ialah tidak menderita kondisi akut.

"Kondisi akut yang dimaksud adalah kondisi yang baru terjadi yang sifatnya mendadak dan perlu penanganan yang cepat," kata Rudy dikutip dari Tribun Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Bukannya Disambut dengan Suka Cita, Setiap Lebaran Wanita Ini Justru Selalu Uring-uringan Sendiri, Ternyata Sikap sang Suami Jadi Alasan!

"Misalnya, infeksi berat seperti radang paru-paru dan gula darah yang terlalu tinggi yang menyebabkan pasien sehari-hari masih harus dirawat dan kontrol rutin ke dokter," tambahnya.

Selain itu, perlu diingat bahwa asupan makanan juga penting diperhatikan bagi penderita diabetes selama melakukan perjalanan.