Find Us On Social Media :

Sudah Mengancam Banyak Anak Kecil di Dunia, Apakah Hepatitis Akut Misterius Bisa Menyerang Orang Dewasa? Ini Penjelasan Jubir Kemenkes

By Lina Sofia, Jumat, 6 Mei 2022 | 13:02 WIB

Ilustrasi Hepatitis Akut pada Anak

GridPop.ID - Dunia kembali digemparkan dengan temuan penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak.

Temuan kali ini disebut misterius lantaran bukan berasal dari tipe virus hepatitis seperti tipe A, B, C, D, atau E dan belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Melansir Kompas.com dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hasil pemeriksaan laboratorium di luar negeri menunjukkan banwa 74 kasus hepatitis akut misterius terdeteksi adenovirus.

Setelah dilakukan tes molekuler, teridentifikasi sebagai adenovirus F41 atau adenovirus tipe 41.

Sementara 20 kasus lain terdeteksi SARS-CoV-2 dan 19 kasus lainnya terdeteksi ko-infeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Hingga 1 Mei 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada 228 laporan kasus hepatitis akut misterius dari 20 negara.

Di Indonesia, tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr Cipto Manungkusumo, Jakarta diketahui meninggal dunia diduga karena hepatitis akut, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (3/5/2022).

Baik di luar negeri maupun di Indonesia, hepatitis akut misterius diketahui menginfeksi anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Lantas, apakah hepatitis akut misterius bisa menyerang orang dewasa?

Baca Juga: Waspada! 3 Anak di DKI Jakarta Meninggal Dunia Diduga Usai Idap Hepatitis Misterius Akut, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Belum bisa dipastikan Terkait hal ini, Kompas.com menghubungi Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada Kamis (5/5/2022).

Nadia mengatakan, sampai saat ini kasus hepatitis akut misterius hanya ditemukan pada anak-anak di bawah usia 16 tahun.