GridPop.ID - Istilah resign pasti sudah akrab di telinga para karyawan.
Resign adalah suatu keputusan yang sulit, terlebih apabila pekerjaan itu terbilang nyaman dan sudah ditekuni selama bertahun-tahun ditambah dengan gaji yang sangat cocok.
Namun berbeda dengan pria di Singapura ini, ia pilih resign dari tempat kerjanya padahal digaji Rp 40 Juta per bulan.
Dilansir oleh Tribunnewsmaker.com dari World of Buzz pada 30 Mei 2022, pria tersebut bernama Kenji Ong.
Kenji adalah karyawan sebuah perusahaan yang menggajinya dengan cukup besar yakni 3.400 dollar Singapura per bulan atau sekitar Rp 35,9 juta.
Selama ini, Kenji selalu merasa pekerjaannya di kantor kurang hingga ia dapat menyelesaikan pekerjaan kantor dengan cepat hanya dalam 2 atau tiga jam.
Kemudian Kenji melakukan kegiatan lain yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan.
Selama ini, Kenji mengamati tingkah para kerabat di kantor yang juga tampak gabut.
Ada yang melihat email berulang-ulang, ke toilet dalam waktu lama, dan lain-lain.
Kenji pernah mengutarakan keluh kesahnya ini pada karyawan seniornya, namun, karyawannya mengatakan pada Kenji agar dirinya tidak mengeluh.
Seharusnya dirinya bersyukur karena memiliki pekerjaan santai dengan gaji yang bagus.
Namun, Kenji merasa seperti membuang-buang waktu setiap hari karena pekerjaannya itu, membuatnya jadi stres, kurang motivasi, dan jarang bergerak.
Sehingga ia berpikiran untuk resign dan mencari pekerjaan yang lebih aktif.
Kenju mengatakan posisinya di kantornya adalah seorang staf admin.
Kesempatan untuk resign kerja dapat lebih mudah didapatkan jika memberikan alasan resign yang baik dan masuk akal.
Berikut ini tahapan cara mengajukan resign dilansir dari Kompas.com
1. Pilih waktu yang tepat untuk resign
Biasanya, perusahaan menerapkan aturan one month notice kepada pekerja yang mengajukan resign.
2. Beri tahu alasan resign kepada atasan
Temui atasanmu dan ungkapkan dengan jelas alasan mengundurkan diri dari pekerjaan.
3. Membuat surat pengunduran diri
Dalam surat tersebut, kemukakan kembali alasan pengunduran diri dari pekerjaan dan ucapkan terima kasih kepada atasan juga rekan kerja yang selama ini telah bekerja sama denganmu.
4. Selesaikan semua pekerjaanmu
Usai menyiapkan surat pengunduran diri dan mendapatkan izin, waktunya kembali fokus untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang belum diselesaikan.
Jika sudah ada pengganti yang ditugaskan untuk mengerjakan pekerjaanmu, beritahu secara detail agar tidak terjadi kesalahan.
5. Berpamitan dengan atasan dan rekan kerja
Ada baiknya berpamitan kepada rekan kerja dan atasan. Sebab, menjaga hubungan baik sangat penting untuk perjalanan kariermu selanjutnya.
GridPop.ID (*)