Find Us On Social Media :

Hati-hati! Pelihara Kucing Ternyata Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil Jika Hal Ini Tidak Diperhatikan, Ahli Beberkan Faktanya!

By Lina Sofia, Selasa, 7 Juni 2022 | 19:42 WIB

Ilustrasi hewan peliharaan

GridPop.ID - Banyak mitos yang beranggapan bahwa wanita akan sulit hamil jika pelihara kucing di rumah.

Hal ini karena bulu kucing bisa berbahaya karena disebut-sebut bisa mengakibatkan mandul.

Lantas, apakah dalam medis hal ini dibenarkan?

Terkait hal tersebut, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Maria Ratna Andijani, Sp. OG, M.Med menjelaskan jika ternyata memelihara anjing, kucing atau hewan-hewan kesayangan lainnya bukan menjadikan kehambatan atau menyebabkan infertilitas.

Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Maria Ratna Andijani, Sp. OG, M.Med yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Health program Healthy Talk edisi 05 Juni 2022.

"Kita harus melakukan dalam memelihara hewan-hewan kesayangan itu juga harus diperiksa kesehatannya, diberikan vaksinasi," terangnya.

"Kita juga harus tahu bagaimana memperlakukan si hewan-hewan tersebut untuk melindungi diri kita," sambungnya.

Hal ini karena ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh hewan-hewan peliharaan tersebut, misalnya toksoplasma.

Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma gondii.

Baca Juga: Bertahun-tahun Tidur Bareng 7 Ekor Buaya, Artis Cantik Ini Bagikan Kisah Mencengangkan, Rela Diputus Pacar Hingga Pernah Digigit Peliharaan Sendiri

Parasit tersebut bisa ditemukan pada kotoran kucing, sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci bersih atau daging yang belum matang.

"Kadang kan suka denger sudah di cek belum toksoplasmanya, itu terutama pada yang suka pelihara anjing, kucing, burung-burung," ungkapnya.

"Nah itu kita harus tahu bagaimana kita menghandle si binatang tersebut, bagaimana kita menghandle kotoran anjing, kotoran kucing," tuturnya.