Find Us On Social Media :

Jangan Asal Minum, Ini 4 Obat yang Punya Efek Samping Rusak Ginjal, Stop Sekarang Sebelum Kesehatan Tubuh Semakin Parah!

By Arif B, Rabu, 8 Juni 2022 | 07:41 WIB

sakit ginjal

GridPop.ID - Mengkonsumsi obat memang menjadi hal wajar ketika sakit.

Namun, mengkonsumsi obat secara sembarangan dan tanpa resep dokter justru akan memperburuk kesehatan tubuh lho.

Apalagi jika yang kamu minum 4 obat yang punya efek samping merusak ginjal ini.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Hematologi Onkologi Medik Prof. Zubairi Djoerban, dalam unggahan Instagramnya membahas dampak obat dan ginjal.

“Beberapa macam obat, itu kalau diminum tanpa resep dokter apalagi untuk jangka panjang, bisa berbahaya untuk ginjal,” ujarnya dikutip dari Instagram @profesorzubairi, Selasa (7/6/2022), via GridHealth.ID.

Dokter yang juga menjabat ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini mengatakan, bahwa efek tersebut bisa terjadi karena obat apapun.

“Jadi prinsipnya, kalau minum obat jangka panjang, itu harus dengan resep dokter,” pungkas Zubairi.

Berikut ini adalah beberapa macam obat-obatan yang bisa merusak ginjal, jika dikonsumsi sembarangan.

1. Obat pereda nyeri

Baca Juga: Dulu Ngaku Pernah Jadi Simpanan 5 Pria Beristri, Ayu Aulia Kini Harus Berjuang Lawan Penyakit Berbahaya Ini hingga Rahimnya Diangkat, Begini Kondisinya

Ginjal bisa rusak jika terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen dan aspirin. Obat ini tidak seharusnya dikonsumsi setiap hari, tanpa saran dokter.

Di Amerika Serikat, banyak orang yang mengalami kerusakan ginjal akibat menggunakan obat pereda nyeri secara rutin dalam waktu yang panjang.