Find Us On Social Media :

Kamu dan Pasangan Akan Segera Menikah? Ini 3 Tips Hidup Mengelola Keuangan Keluarga ala Pasangan Artis Mona Ratuliu dan Indra Brasco, Salah Satunya Buat Pos Budget

By Lina Sofia, Minggu, 17 Juli 2022 | 10:02 WIB

Tips kelola keuangan keluarga ala Mona Ratuliu dan Indra Brasco.

GridPop.ID - Tips hidup mengelola keuangan keluarga adalah perkara yang gampang-gampang susah untuk dilakukan.

Nah, pasangan public figure Mona Ratuliu dan Indra Brasco membeberkan beberapa tips hidup mengelola keuangan keluarga yang bisa dicoba oleh siapa pun.

Dilansir dari Tribun Bisnis, jika dijelaskan secara sederhana bahwa perencanaan keuangan merupakan seni dan juga prinsip yang sangat perlu dilakukan, agar dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien dan efektif.

Perencanaan ini penting untuk diterapkan pada keuangan individu dan ketika nanti Anda sudah berkeluarga.

Padahal saat ini mungkin Anda masih belum memiliki penghasilan tetap, namun, manajemen keuangan yang tepat juga dibutuhkan.

Dilansir dari Kompas.com, tips hidup mengelola keuangan keluarga yang pertama adalah buat pos budget sesuai kebutuhan, serta lakukan evaluasi keuangan secara berkala.

Membuat rancangan pengeluaran adalah salah satu strategi utama yang dilakukan oleh Mona Ratuliu dan Indra agar pengeluaran keluarga dapat terkontrol dengan baik.

Untuk strategi satu ini, dia menekankan, setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda.

Untuk itu, suami dan istri ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

Baca Juga: TIPS HIDUP Sehat dengan Melakukan Diet Pisang yang Benar, Dijamin Bisa Bantu Pangkas Berat Badan dengan Cepat, tapi Jangan Lupa Dibarengi dengan Ini!

“Ketika mengelola keuangan keluarga, kami berdua menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol.

Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya," ujarnya dalam bincang-bincang ShopeePay, Rabu (29/6/2022).