Find Us On Social Media :

Dusun Sambo di Magelang Mendadak Disorot Setelah Kasus Ferdy Sambo Mencuat, Apakah Ada Kaitannya dengan Pembunuhan Brigadir J? Begini Penjelasan Sekertaris Desa

By Lina Sofia, Sabtu, 27 Agustus 2022 | 18:22 WIB

Ada Dusun Sambo di Magelang, apakah ada kaitannya dengan Irjen Ferdy Sambo?

GridPop.ID - Seiring dengan ramainya pemberitaan terkait kasus Ferdy Sambo, nama Dusun Sambo di Kecamatan Podosoko, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mendadak disorot.

Bahkan dusun ini pun ikut menjadi bahan guyonan masyarakat, terutama dari luar daerah.

Sebelumnya nama Ferdy Sambo belakangan disorot usai menjadi tersangka kasus pembunuhan ajudannya sendiri Brigadir J.

Mengutip Kompas.com, Ferdy Sambo pun dijerat dengan pasal dugaan pembunuhan berencana yakni Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Ancaman pidananya, maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Pada perkara ini, Sambo diduga memerintahkan Bharada E untuk menembak Brigadir J di rumah dinasnya kompleks Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, 8 Juli 2022.

Gara-gara nama Ferdy Sambo, lantas, seperti apa Dusun Sambo ini dan apakah ada kaitannya dengan sang Jenderal?

Dilansir dari Tribunnews.com, dari pusat Kota Magelang, jarak yang harus ditempuh sekitar 20 kilometer atau sekitar 30-45 menit perjalanan mengendarai sepeda motor.

Akses jalan berbatu, berliku dan melewati perkebunan-perkebunan.

Namun, begitu sampai dusun itu, terlihat bersih dan rapi, bahkan Dusun Sambo baru saja dicanangkan sebagai Kampung Pancasila oleh Pemerintah Kabupaten Magelang.

Tidak sekadar nama, Dusun Sambo ternyata memiliki sejarah tersendiri sejak masa penjajahan Belanda.

Sekretaris Desa Podosoko, Kuwato (56) menceritakan, sejarah pada saat masa penjajahan Belanda, konon Sambo adalah nama leluhur masyarakat setempat.