Find Us On Social Media :

3 Tahun Upah Tidak Naik, Buruh se-Indonesia Bakal Demo Besar-besaran Tolak Kenaikan Harga BBM: Hidup Makin Sulit!

By Arif B, Minggu, 4 September 2022 | 18:03 WIB

Pertamina resmi terapkan wacana harga BBM naik, pada Sabtu (03/09/2022).

GridPop.ID - Kenaikan harga BBM dikeluhkan masyarakat hingga muncul rencana demo besar-besaran di 33 provinsi.

Bagaimana tidak, sudah tiga tahun upah buruh tidak naik dan kini harga sembako untuk beberapa komoditi juga masih mahal.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan unjuk rasa itu akan digelar pada Selasa (06/09/2022).

Para buruh akan meminta pimpinan DPR memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk membahas penaikan harga BBM.

"DPR RI harus berani membentuk pansus atau panja BBM," ucap Said iQBAL dalam keterangan resmi, Sabtu (3/9/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

Selain di ibu kota, aksi demo menolak penaikan harga BBM juga akan digelar di Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Banda Aceh, Medan, Batam, Padang, Pekanbaru. Bengkulu, Lampung, Banjarmasin, Samarinda, dan Pontianak.

Lalu Makassar, Gorontalo, Sulawesi Utara, Ambon, Ternate, Mataram, Kupang, Manokwari, dan Jayapura.

"Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10 persen sampai 13 persen," jelas Said.

Iqbal mengatakan daya beli buruh sudah turun 30 persen saat ini. Dengan penaikan harga BBM, daya beli akan semakin merosot menjadi 50 persen.

Baca Juga: Ibu-ibu Bisa Bernafas Lega, Berikut Update Harga Sembako Telur Ayam Ras di Tingkat Peternak hingga Eceran Gunungkidul yang Alami Penurunan

"Penyebab turunnya daya beli adalah peningkatan angka inflasi menjadi 6,5 persen hingga sampai delapan persen, sehingga harga kebutuhan pokok akan meroket," kata Iqbal.

Di sisi lain, ia mengklaim upah buruh sudah tak naik dalam tiga tahun terakhir. Dengan kata lain, penaikan harga BBM akan membuat hidup buruh semakin sulit.