Find Us On Social Media :

Update Harga Sembako: Pemerintah Jamin Harga 9 Bahan Pokok Stabil Meski Beras Cenderung Naik

By Luvy Octaviani, Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:00 WIB

Ilustrasi Sembako

GridPop.ID - Update harga sembako pasti dinantikan banyak orang.

Belakangan update harga sembako memang sangat dipantau karena sempat mengalami kenaikan dan penurunan.

Langsung saja, begini kata pemerintah soal harga sembako terbaru.

Dilansir dari laman tribunbisnis.com, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pemerintah berusaha menjamin agar harga sembilan bahan pokok tidak naik meski harga beras cenderung terkerek.

Sembilan bahan pokok tersebut adalah beras, minyak goreng dan mentega, gula pasir, daging sapi dan daging ayam, susu, telur, bawang merah dan bawang putih, gas elipiji, serta garam beryodium.

Zulhas mengaku mendapatkan arahan itu langsung dari Presiden Jokowi.

“Presiden Jokowi menyampaikan kepada saya, Kementrian Perdagangan harus menjaga stabilisasi harga pangan tersedia. Harga terjangkau. Terutama sembilan bahan pokok: beras, telur, ayam, cabe, daging, dan lain-lain itu harga harus stabil. Tidak boleh naik,” kata Zulhas setelah konferensi pers Jakarta Muslim Fashion Week di Auditorium Utama Kementerian Perdagangan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Soal kenaikan harga beras, kenaikan tersebut terjadi pada harga rata-rata beras medium pada periode Juli-September 2022 dengan kenaikan di atas harga eceren tertinggi (HET).

Harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur untuk jenis medium di level Rp9.834 per kg atau sudah melebihi HET Rp9.450 per kg.

Zulhas menyatakan, peristiwa di negara lain kini mempengaruhi stabilitas pangan di Indonesia.

Dia juga mengingatkan, Dana Moneter Internasional (IMF) sudah memberi warning tentang ancaman krisis pangan.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Kuasa Hukum Usai Rizky Billar Ditetapkan Tersangka Kasus KDRT, Hotma Sitompoel Bakal Lakukan Ini