Find Us On Social Media :

3 Langkah Maksimalkan Konten TikTok bagi Pelaku UMKM, Bisnis Lancar Cuan pun Mengalir!

By Andriana Oky, Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:03 WIB

Strategi maksimalkan konten TikTok bagi pelaku UMKM

GridPop.ID - Konten TikTok menjadi salah satu konten yang paling banyan digandrungi hampir oleh hampir seluruh masyarakat saat ini.

Konten TikTok dinilai sangat menghibur dan menyenangkan.

Begitu tingginya angka peminat konten TikTok saat ini, menarik para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikut berbisnis lewat platform digital satu ini.

Diberitakan Kompas.com,“TikTok Marketing Science Global Retail Path to Purchase Study 2021” dari Material, TikTok menjadi platform digital terdepan dalam perjalanan konsumen, mulai dari penemuan (discovery), pertimbangan (consideration), hingga pembelian (purchase), jika dibandingkan platform lain.

Dari hasil riset tersebut, 37 persen pengguna TikTok menemukan produk di platform ini dan memutuskan membelinya.

Angka ini 1,5 kali lebih banyak ketimbang platform lain.

Berikut ada 3 strategi konten TikTok yang bisa digunakan pelaku UMKM untuk memaksimalkan akun bisnisnya di platform digital asal Tiongkok ini.

1. Membuat konten organik

Pembuatan konten organik adalah untuk menceritakan brand serta melakukan analisis performa melalui fitur Performance Analytic yang ada pada Akun Bisnis TikTok.

Baca Juga: Download Video TikTok tanpa Watermark dalam Sekali Klik di Website Ini, Nggak Pakai Ribet!

itur ini bisa menunjukkan tingkat engagement dari masing-masing konten organik yang telah dibuat.

Dengan demikian, pelaku UMKM bisa mengetahui konten yang disukai pengguna TikTok dan mengangplifikasikannya dengan memaksimalkan kampanye berbayar pada Akun Bisnis TikTok.

2. Kolaborasi dengan krerator

Untuk lebih meningkatkan engagement audiens di TikTok, pelaku UMKM bisa berkolaborasi dengan kreator konten.

Sebagai informasi, kreator TikTok dikenal dengan konten yang autentik dan kreatif. Mereka juga kerap memberikan ulasan suatu produk secara jujur sehingga bisa menarik pengguna lain.

3. Lakukan kampanye berbayar

Untuk memaksimalkan konten organik, brand UMKM bisa menggabungkan dengan kampanye berbayar di TikTok For Business.

Hal ini bisa mengamplifikasikan konten organik sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna TikTok.

Sementara itu para pelaku UMKM juga bisa memanfaat tagging FYP yang populer di kalangan milenial.

Baca Juga: Cara Gampang Download Video TikTok Tanpa Watermark, Cukup Sekali Klik Pakai Aplikasi Ini!

Melansir TribunKaltara.com, FYP juga disebut-sebut cara agar konten yang diunggah viral dan trending di aplikasi TikTok.

FYP sendiri merupakan singkatan dari For Your Page yakni halaman utama yang dilihat pengguna saat membuka aplikasi.

Dengan kata lain FYP berisi video-video yang direkomendasikan TikTok untuk tiap pengguna.

Tidak semua video bisa terpilih dan muncul di FYP atau halaman rekomendasi.

Salah satu indikatornya adalah jumlah penonton, semakin banyak jumlah viewers maka potensi untuk video tersebut viral makin tinggi.

GridPop.ID (*)

Baca Juga: Ikut Rintis Geisha Sejak Awal Malah Didepak Begitu Saja, Momo Ungkap Kekecewaan hingga Namanya Trending: Saya yang Bangun dari Nol Hey!