Find Us On Social Media :

Siaran TV Analog Resmi Disuntik Mati, Emak-emak Keluhkan Tak Bisa Nonton Acara Gosip hingga Harga Set STB yang Mahal!

By Lina Sofia, Minggu, 4 Desember 2022 | 06:02 WIB

Siaran TV analog resmid i matikan di Bandung, Batam, Semarang, Solo, Yogya, Surabaya

GridPop.ID - Baru-baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi 'suntik mati' sinyal TV analog.

Warga keluhkan tak bisa menonton hingga harga set STB yang Mahal.

Beberapa daerah yang terdampak diantaranya di wilayah Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam. Kini, masyarakat yang terdampak di wilayah tersebut dapat beralih menonton televisi lewat siaran TV digital.Suntik mati siaran TV analog ini merupakan program Analog Switch Off (ASO) Tahap II setelah dilakukan di wilayah Jabodetabek pada 2 November lalu. Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Mohammad Reza mengatakan bahwa pemutusan sinyal TV analog Tahap II pada lima wilayah dilakukan pada Sabtu, 3 Desember 2022 pukul 00.00 WIB. "Pemutusan saluran TV analog giliran di wilayah Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, dan Solo," kata Reza saat dihubungi Kompas.com. Reza mengimbau kepada masyarakat untuk segera memperhatikan ketersediaan Set Top Box (STB) yang non-bantuan di tiap daerah.Rencana suntik mati TV analog tahap kedua ini telah diungkap Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam rapat kerja Kominfo bersama Komisi I DPR RI, Rabu (23/11/2022). "Kami merencanakan untuk melakukan pengumuman analog switch off( ASO) dalam waktu dekat di enam wilayah," kata Johnny.Menurut Menkominfo, keenam kota tersebut masuk ke dalam lima wilayah siaran.

Baca Juga: Minta Maaf Saluran Bisnis TV Analog Miliknya Dimatikan, Hary Tanoe Protes ke Pemerintah: Kami Akan Tunduk

Berikut daftar enam wilayah yang bakal dimatikan siaran TV analognya, sebagai berikut:

Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Selengkapnya seperti dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum?Begini Cara Mengeceknya. Masyarakat pun bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id.Anda dapat menggunakan perangkat Set Top Box (STB) apabila TV Anda belum mendukung siaran digital. Perangkat STB bisa didapat secara gratis dari Kominfo atau membeli dari marketplace dan toko elektronik. Harga perangkat STB bervariasi mulai dari Rp 100.000 hingga di atas Rp 600.000. Berikut daftar STB TV digital yang sudah mendapat sertifikasi Kominfo: -Daftar STB TV Digital Bersertifikasi Kominfo Harga Rp 300.000 hingga Rp 650.000-an -33 STB Bersertifikasi Kominfo Harga Rp 200.000-an buat Nonton Siaran TV Digital -26 STB Harga Rp 100.000-an Bersertifikasi Kominfo buat Nonton Siaran TV Digital

Baca Juga: Ini Alasan Pemerintah Memberhentikan Siaran TV Analog, Lengkap dengan Tata Cara Berpindah ke TV Digital

Salah satu warga di Indramayu mengaku terkejut saat televisi mereka tak menayangkan gambar.

Di beberapa televisi terlihat tulisan tak ada sinyal.Dilansir dari Tribun Cirebon, Sairoh (41) warga Kelurahan Margadadi, Indramayu.

Menurutnya, dalam dua hari terakhir ini ia sangat kesulitan untuk bisa menonton televisi gara-gara kebijakan tersebut.Bahkan, pada hari ini, seluruh channel televisi semuanya sudah menghilang."Hari ini cuma ada semut doang, semua channelnya hilang," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (4/11/2022).Kondisi ini, kata Sairoh, membuatnya tidak bisa menonton program gosip artis kegemarannya di televisi.Padahal, menurut dia, salah satu hiburan yang dimiliki ibu-ibu hanya menonton televisi."Saya suka nonton Status Selebriti di SCTV jam 6 pagi, suka ngikutin kabar Leslar. Nah sekarang malah gak bisa, siaranya sudah gak ada," ujar dia.Sairoh pun mengaku bingung. Pasalnya, jika menonton gosip artis menggunakan sambungan internet, maka akan memakan kuota internet dalam jumlah besar.Di sisi lain, untuk membeli STB pun memerlukan biaya."Saya juga pernah tanya ke RT perumahan saya. Apakah benar ada bantuan STB untuk masyarakat tapi jawabnya tidak tahu. Jadi ya sekarang bingung, saya sudah tidak bisa lagi nonton tv," ucapnya.Sairoh berharap, kebijakan peralihan dari TV analog ke digital ini bisa disikapi bijaksana oleh pemerintah.Meskipun beralih, namun pemerintah juga harus bisa memfasilitasi STB tersebut agar bisa dimiliki seluruh masyarakat secara gratis."Ya walau harganya cuma ratusan ribu, tapi kan sekarang ini ekonomi lagi sulit, uang ratusan ribu seperti untuk beli STB seperti sayang banget, apalagi saya sebelumnya nonton TV itu gratis," ujar dia.

Baca Juga: Lawakannya Sukes Mengocok Perut, Wendy Cagur Ungkap Perjuangannya yang Buat sang Istri Menangis Haru

GridPop.ID (*)